Penerapan Metode Iqro dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Kampung Lebak Kaum Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor

Authors

  • Muhammad Adres Prawira Negara UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Esty Puri Utami UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Metode Iqro, Membaca Al-Qur’an, Penerapan

Abstract

Iqro ialah buku yang digunakan dan ditujukan kepada anak-anak untuk dapat membaca Al-Qur’an dengan mahir. Iqra merupakan metode yang sangat mendasar bagi setiap orang yang ingin membaca Al-Qur’an dengan lancar. Harapan dari pada mempelajari buku tersebut yakni memahami sesuai dengan ilmu tajwid, baik dari segi makharijul hurufnya, idzhar, ikhfa dan hukum-hukum bacaan lainnya. Mengajarkan membaca Al-Qur’an kepada anak-anak yang berusia enam sampai empat belas tahun bukan suatu hal yang mudah. Karena selain dari pada keahlian seorang pendidik, harus juga mengetahui metode yang tepat dan digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode iqra yang digunakan selama proses mengajar di kampung Lebak Kaum Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini berupa kuisioner dan dokumentasi. Hasil dari pada penelitian ini ialah adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Iqra di Kampung Lebak Kaum, hal ini menunjukan bahwa adanya kesenangan anak-anak saat belajar membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqro. Dilaksanakan selama 1 bulan selama KKN (Kuliah Kerja Nyata). Metode pengabdian dalam kegiatan ini adalah membuat regulasi selama program mengaji berjalan, meningkatkan kerja sama dengan unsur terkait, memodifikasi system pembelajaraan Al-Qur’an. Adapun hasil dari pengabdian ini anak-anak dapat lebih mencintai Al- Qur’an dari pada sebelumnya serta mampu mengamalkan ajaran agama Islam.

References

Ad-Dimasyqi, & Nashriruddi, I. (2008). Mutiara Ilmu Atsar. Jakarta Timur: Media Eka Sarana.

Dkk, M. A. N (2018). Syarah Arba’in An- Nawai, Jakarta: Darul Haqq.

Kaelani. H D . Islam dan Aspek-aspek Kemasyarakatan.

Nasution, (1979), Islam Di Tinjau Dari Berbagai Aspeknya, Jakarta: UI Press.

Prof. Dr. Amsal Bachtiar, M. (2007). Filsafat Agama (Wisata Pemikiran dan Kepercayaan Manusia), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada .

Suryanio, (2015). Hadis Tarbawi Analisis Perdagonis Hadis-hadis Nabi. Yogyakarta: Teras.

Tafsir, a. (2010). Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Tim Pentusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa, KBBI, dapertemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1993). Jakarta: Balai Pustaka

Downloads

Published

2021-11-04

How to Cite

Negara, M. A. P. ., & Utami, E. P. (2021). Penerapan Metode Iqro dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Kampung Lebak Kaum Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(42), 94–101. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/738

Issue

Section

Articles