Upaya Peningkatan Literasi Masyarakat Kampung Sekeangkrih Melalui Pengadaan Ruang Cerita
Keywords:
Membaca, Motivasi Kerja, KinerjaAbstract
Penelitian ini berisi tentang rendahnya minat membaca di salah satu Desa di Kabupaten Bandung, tepatnya di Kampung Seke Angkrih, Desa Cileunyi Wetan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menumbuhkan minat membaca terhadap masyarakat di kampung Seke Angkrih. Salah satu solusi yang diberikan kepada masyarakat Kampung Seke Angkrih adalah dengan pendirian “Ruang Cerita”. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sugiyono (2014:1). Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi. Subyek penelitian ini meliputi ketua yayasan, dan 19 anggota KKN 104, sedangkan informan meliputi 20 IRMABA (Ikatan Remaja Mesjid Al-Barokah). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan interactive model. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Pelaksanaan Program yang paling Utama yaitu membangun Perpustakaan desa atau disebut juga Taman baca. 2.) Tim kelompok KKN 104 menggandeng IRMABA (Ikatan Remaja Mesjid Al-Barokah) untuk merealisasikan konsep Taman baca dan tetap memperhatikan protocol kesehatan. Hasil penelitian ini diharapkan bisa untuk meningkatkan minat baca, science literacy serta keterampilan berpikir guna menghadapi tantangan di masa depan
References
Admin. 2012. pengertian-tujuan-fungsi-dan tugas-taman-bacaan-masyarakat-tbm (http://www.pustakaindonesia.org .dikases pada 8 Maret 2013)
Budi Wijaya, Arif. 1979. Pedoman Pembinaan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Direktorat Pendidikan Masyarakat, 2005. Pedoman pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM): Jakar
Guntur, Henry T. 2005. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutarno NS. 2006. Membangun Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Isna Nurfajriah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.