Efektivitas Bimbingan Belajar Selama Daring saat Pandemi di Desa Tanjungsari

Authors

  • Muhammad Asro Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asti Kurnia Shafra Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bimbingan, Belajar, Literasi, Pengetahuan

Abstract

 

Aktivitas pembelajaran di masa pandemic COVID 19 memang sangat terbatas kegiatannya, banyak masyarakat Desa Tanjungsari terkhusus Dukuh Karangboyo yang mengeluhkan tentang metode mengajar yang dilakukan para guru, terutama dalam pemberian tugas kepada murid-muridnya. Banyak warga mengeluhkan anak-anaknya yang kurang faham akan pelajaran tetapi wawasan terbatas para orang tua mereka lah yang menjadi permasalahan di lapangan. Bimbingan belajar bagi anak-anak terkhusus anak-anak SD/MI sangat diperlukan, materi pelajaran umum dan juga agama sangat dibutuhkan untuk menambah wawasan pengetahuan mereka dan juga membantu menyelesaikan pekerjaan sekolah yang dirasa sulit bagi mereka untuk dipecahkan. Tujuan utama bimbingan belajar ini yaitu untuk meringankan beban dan memudahkan para orang tua dalam mendidik anak-anaknya, supaya anak-anak bisa mendapat wawasan yang lebih luas lagi selain di sekolahan. Mereka juga bisa membuka jendela dunia melalui buku-buku yang tersedia di Taman Baca Impian yang diinisiatifkan oleh peserta KKN. Metode yang digunakan berupa sosialisasi serta ajakan untuk anak-anak untuk mengikuti bimbingan belajar yang dilaksanakan di rumah peserta KKN, dan kegiatan literasi di taman baca.

References

Tim penulis, 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR SISDAMAS),2021. Pengabdian di masa pandemic bermitra dengan satgas Covid-19, Bandung : LP2M UIN SGD Bandung.

Downloads

Published

2021-11-08

How to Cite

Asro, M., & Shafra, A. K. . (2021). Efektivitas Bimbingan Belajar Selama Daring saat Pandemi di Desa Tanjungsari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(15), 181–186. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/694

Issue

Section

Articles