Penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer pada Anak di Kp. Kebayunan
Keywords:
KKN-DR Sisdamas, Komputer, COVID-19Abstract
Telah dilakukan program pengabdian berupa pendampingan yang dilaksanakan dalam skema Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pendampingan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) di Kp. Kebayunan, Kota Depok yang terkendala teknologi dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Salah satu program pengabdian yang dilakukan adalah pendampingan pembelajaran berbasis komputer berdasarkan hasil dari refleksi sosial dengan para orang tua yang mengeluhkan sulitnya beradaptasi dengan teknologi untuk mendampingi anak-anak selama pembelajaran jarak jauh. Materi yang disampaikan selama proses pendampingan meliputi pengenalan fisik komputer dan pengoperasian aplikasi Microsoft Word. Selama mengikuti program pendampingan pembelajaran berbasis komputer, anak-anak terlihat antusias terlebih pada saat dikenalkan dengan aplikasi yang dapat meningkatkan kreativitas mereka seperti aplikasi Paint 3D. Setelah program pendampingan berjalan selama tiga minggu, terlihat bahwa perlu adanya pembelajaran berbasis komputer lebih lanjut kepada anak-anak dikarenakan program ini merupakan hal yang dibutuhkan oleh mereka di tengah pandemi.
References
Bandung, T. P. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR SISDAMAS) masa wabah Covid-19. Bandung.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 208-218.
Djamdjuri, D. S., & Prasetya, G. C. (2021). MEMPERKENALKAN CARA PENGAPLIKASIAN KOMPUTER TERHADAP ANAK SEKOLAH DASAR (CIAMPEA UDIK, CARINGIN JANGKUNG). Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 146-151.
Dr. Anung Sugihantono, M., Dr. dr. Erlina Burhan M.Sc, S., Dr. Erlang Samuedro, S., & dkk. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Jogiyanti, H. (1999). Pengenalan komputer; dasar ilmu komputer, dasar ilmu komputer, pemrograman, sistem informasi dan intelegensi buatan. Yogyakarta: Andi Offset.
Kadir, A. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Lavy, V. (2010). Do Differences in School’s Instruction Time Explain International Achievement Gaps in Math, Science, and Reading? Evidence from Developed and Developing Countries. NBER Working Paper.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah.
Syafi'i, I., Sa'diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini . Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 140-160.
WHO. (2020, April 1). Coronavirus disease 2019 (COVID-19). Retrieved from World Health Organization: https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/331685/nCoVsitrep01Apr2020-eng.pdf
Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Zendrato, W. (2020). Gerakan Mencegah Daripada Mengobati Terhadap Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 242-248.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fitri Aulia Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.