Pengaruh Metode Pembelajaran Ngaji Berkelompok Terhadap Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an pada Santri Masjid An-Nafisah As-Sulaiman
Keywords:
Ngaji, Berkelompok, Al-Qur'an, SantriAbstract
Membaca Al-Qur’an merupakan suatu ibadah yang diharuskan bagi muslim, sehingga mempelajarinya menjadi suatu keharusan pula. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an pada santri Masjid An-Nafisah As-Sulaiman dengan metode berkelompok. Metode yang digunakan yaitu berkelompok, Peneliti mengklasifikan menjadi empat kelompok dengan rincian kelompok 1-3 berfokus pada membaca Al-Qu’ran, asmaul husna dan do’a-do’a. Sedangkan kelompok 4 berfokus pada materi khusus ilmu tajwid. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa para santri menunjukkan peningkatan dalam kualitas bacaan Al-Qur’an mereka. Bisa membedakan huruf hijaiyah satu dengan yang huruf lain. Bisa mengaplikasikan ilmu tajwid dalam bacaan Al-Qur’an mereka. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah pengaruh metode pembelajaran ngaji secara berkelompok sangat signifikan dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri, khusus nya santri Masjid An-Nafisah As-Sulaiman.
References
Adinda, S. N., Hoernasih, N., & Muis, A. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Belajar Kelompok Dalam Meningkatkan Keaktifan Komunikasi Anak Usia Dini. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 8(2), 124–134.
Farid, A., & Sudarma, I. K. (2022). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kelompok Melalui LKPD Berbasis Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 126–134. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.42138
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47.
Huljannah, M. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Educator (Directory of Elementary Education Journal, 2(2), 164–180.
Lestari, S. P. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Gohong Rawai II Kecamatan Rungan Kabupaten Gunung Mas. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.
Novianto, B., Nurheza, F. K., & Syahmahasadika, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Melalui Program Bengkel Al Quran (Belajar Ngaji Kelompok) Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Malang. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(2), 125–141.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974.
Prihatin, W. S. (2021). Upaya Meningkatkan Kesadaran Dan Dorongan Yang Kuat Untuk Menguasai Pengetahuan Dan Keterampilan Yang Menjadi Program Sekolah Dengan Model Pembelajaran Learning Community Siswa Kelas IX .C MTS Negeri Ponorogo Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV), 2(1), 11–19.
Sururie, R. W., Aziz, R., Asro, M., Kamelia, L., Mardiansyah, Y., Irwansyah, F. S., Dulkiah, & Uriawan, W. (2024). Petunjuk Teknis KKN Sisdamas “Mewujudkan Rahmatan lil Alamin.” Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Usman, Nurjannah, & Irmayanti. (2023). Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Quran Melalui Bimbingan Belajar Tahsin di SD No 271 Waetuo. Jurnal Panrita: Jurnal Pengabidan Kepada Masyarakat Universitas Islam Ahmad Dahlan Sinjai, 2(1), 30–35.
Yanti, U. S. (2021). Bentuk-Bentuk Kerja Sama Guru Terhadap Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Pada SMAN Unggulan Tunas Bangsa. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizkia Anandya Baehaqie, Ira Aryani, Ali Amsali, Rifqi Zahran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.