Meningkatkan Minat Baca Serta Minat Belajar Anak Melalui Program Rumah Singgah dan Pojok Baca dengan Metode Video-Based Learning di Kampung Hanja Desa Majasetra
Keywords:
Kampung Hanja, Pengabdian, Program KKN, Video Based LearningAbstract
Kemajuan teknologi telah memengaruhi minat baca dan semangat belajar anak-anak secara negatif. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan fasilitas belajar seperti rumah singgah dan program pojok baca, serta pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat belajar anak-anak. Program ini bertujuan untuk mendukung kegiatan pengajaran dan pembelajaran bagi anak-anak di lingkungan sekitar. Adapun sampel dari penelitian ini adalah anak-anak sekolah jenjang PAUD sampai Sekolah Dasar (SD) di Kampung Hanja. Metode pengabdian yang digunakan dalam program KKN ini dengan metodologi SISDAMAS, yaitu pemberdayaan kepada masyarakat secara langsung. Data dikumpulkan melalui analisis hasil pemeriksaan, wawancara, observasi, dan pelaksanaan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan pendekatan Video-Based Learning (VBL), minat belajar anak-anak di setiap kategori kelas meningkat secara signifikan. Anak-anak menjadi lebih aktif dan tertarik pada materi yang dipelajari. Oleh karena itu, penerapan pendekatan VBL pada program rumah singgah dan Pojok Baca di Kampung Hanja merupakan alternatif yang efisien untuk meningkatkan minat belajar dan baca anak-anak.
References
Chang, Mae Chu, Sheldon Shaeffer, Samer Al-Samarrai, Andrew B Ragatz, Joppe De Ree, and Ritchie Stevenson. “Teacher Reform in Indonesia The Role of Politics and Evidence in Policy Making Human Development,” n.d.
Haris Basyaev, Muhamad, Nur Azmi, Afifah Diens, Metsa Fajrianti, and Kusumah Suwandi. “Implementasi Pembelajaran Dengan Teknologi Video Based Learning Implementasi Pembelajaran Dengan Teknologi Video Based Learning,” n.d. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK.
Nurfatiah Zubaedah., Rustan Efendy, Penerapan Pembelajaran Video Based Learning di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Parepare, (Dialektika: Jurnal Pendidikan Agaman Islam, Vol. 02 No.2, 2023), hal. 5
Putry, H. M. E., ’Adila, V. N., Sholeha, R., & Hilmi, D. (2020). Video Based Learning Sebagai Tren Media Pembelajaran Di Era 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 1–24. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i1.3870
Rachman., et al, The Impact of Work Stress and the Work Environment in the Organization: How Job Satisfaction Affects Employee Performance? (Journal of Human Resource and Sustainability Studies, 9,. 2021), hal. 337-354.
Savitri, I. G. A. A., & Manuaba, I. B. S. (2022). “Pengembangan Video Animasi Berbasis Model PBL sebagai Media Pembelajaran Muatan Bahasa Indonesia untuk Siswa.” Jurnal Elementaria Edukasia, 7(1), 2504-2516.
Siskawati, E., et al. (2020). “Profile of elementary school students’ numerical literacy ability.” International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 6(4), 326-331.
Sukman, Penggunaan Video dalam Pembelajaran: Refleksi dan Peningkatan Pengalaman Belajar (Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2),. 2017), hal. 123-130.
Video Based Learning – Everything you need to know in 2024,” VdoCipher, 2024 [1] What is Video-based Learning and What are its Benefits?” Oreed Platform.
Video-Based Learning (VBL)—Past, Present and Future: an Overview of the Research Published from 2008 to 2019,” Springer, 2020.
Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa.” Jurnal Cendekia, 5(2), 1687-1699.
Zubaedah, Nurfatiah, and Rustan Efendy. “Penerapan Pembelajaran Video Based Learning Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Parepare,” n.d.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cahyadi Subbarizki Fuadi , Zahra Aisyah Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.