Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Business Plan: Inovasi Produk Mochi Berbahan Susu Sapi Di Desa Sukajaya

Authors

  • Aufa Rahmah Mahasiswa
  • Muhammad Nail Badar Anwar Syazili UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Panji Graha Wibowo UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nabilah Rahmi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Naila Ni’amillahi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ida Nuraida UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemberdayaan, Pelatihan Business Plan, Mochi Susu

Abstract

Pemberdayaan ini membahas tentang pelatihan Bussines Plan untuk inovasi produk mochi berbahan susu sapi, Mochu (mochi susu). Latar belakang pemberdayaan mencakup analisis SWOT yang memiliki empat aspek yaitu strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (Peluang) dan threat (ancaman), serta bagaimana strategi pemasaran (marketing) produk mochi susu. Pemberdayaan ini bertujuan untuk memberikan solusi melalui pengembangan produk bernilai tambah. Metode yang digunakan adalah pengabdian masyarakat pada metode ini terdapat empat tahapan siklus yang dimulai dari tahap I yaitu sosialisasi awal, rembug warga dan refleksi sosial, tahap II yaitu pemetaan sosial dan pengorganisasian masyarakat, tahap III yaitu perencanaan partisipatif dan sinergi program, dan tahap IV yaitu pelaksanaan program, monitoring dan evaluasi. Hasil pemberdayaan ini menunjukkan bahwa pengolahan produk susu secara berkelanjutan dapat meningkatkan nilai ekonomi sekaligus memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan sosial. Kesimpulannya, inovasi produk seperti Mochu dapat menjadi peluang strategis pemasaran yang terintegrasi melalui bauran pemasaran 4P akan menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing dan memastikan keberhasilan produk di pasar.

References

Bakhitah, A. N., & Lusia, A. (2023). Pengaruh Strategi Marketing Mix (4P) Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Geffa Production Sukoharjo). Jurnal Sinar Manajemen, 102-115.

David, F. R. (2011). Manajemen Strategis: Konsep-Konsep (12th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Haris, & Indah. (2021). Metode Partisipasi Dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 45-58.

Mas'ari, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2019). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4P (Price, Product, Place, Promotion) Pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri, 79-86.

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Supriyadi, D. (2020). Rencana Bisnis: Dasar dan Praktik. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana.

Wibowo, A. (2022). Pentingnya Rencana Bisnis dalam Kewirausahaan. Diakses dari https://blogbisnis.com.

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy (13th ed.). Jakarta: PT. Indeks.

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Aufa Rahmah, Muhammad Nail Badar Anwar Syazili, Panji Graha Wibowo, Nabilah Rahmi, Naila Ni’amillahi, & Ida Nuraida. (2025). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Business Plan: Inovasi Produk Mochi Berbahan Susu Sapi Di Desa Sukajaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(6), 1–12. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5945

Issue

Section

Articles