Membangun Generasi Literasi : Optimalisasi Pojok Baca Di SDN 02 Pasirlangu

Authors

  • Restianda Dewi Utami UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Meritha Putri Jayanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Fariz Alfawwaz UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rina Risnawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yudistira Putra Deliana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

pemberdayaan masyarakat, pojok baca, literasi

Abstract

Salah satu program dari Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SDN 02 Pasirlangu berfokus pada upaya meningkatkan minat baca siswa melalui optimalisasi pojok baca. Kegiatan yang dilakukan meliputi pengadaan rak-rak untuk koleksi buku, mendesain pojok baca yang menarik, serta pelaksanaan berbagai program literasi seperti sosialisasi cara penggunaan buku dengan baik serta sosialisasi pentingnya literasi akan keberhasilan di masa mendatang. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa dengan penataan yang tepat dan program-program yang menarik, pojok baca dapat menjadi ruang yang menyenangkan dan inspiratif bagi siswa untuk membaca. Hal ini ditandai dengan antusias siswa kelas IV SDN 02 Pasirlangu untuk membaca buku ketika jam istirahat di kelasnya sehingga terdapat peningkatan pemahaman bacaan, serta tumbuhnya minat siswa untuk menulis. Optimalisasi pojok baca ini diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam upaya meningkatkan minat baca bagi siswa.

References

Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan (1 ed.). Jakarta: Kencana.

Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1 302

Hiro, S., Faradit, M. N., & Putra, D. A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Di SDN Wonokusumo VI/45 Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah Jurnal Penelitian Ipteks, 7(1), 29–37.

https://doi.org/10.32528/ipteks.v7i1.6 95

Kartikasari, E. (2022). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8879

https://doi.org/https://doi.org/10. 1004/basicedu.v6i5.3959 Copyright

Ramdhayani, E. (2023). Pentingnya Literasi dalam Menumbuhkan Nilai- Nilai Karakter di Era Digital. Jurnal Kependidikan, 7(2), 67–73.

Sururie, R. W., Aziz, R., Asro, Kamelia, L., Yadi, M., Irwansyah, F. S., … Uriawan, W. (2024). Petunjuk Teknis Kkn Sisdamas UIN SGD Bandung Tahun 2024 “Mewujudkan Rahmatan Lil Alamin.” Bandung: LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Utami, R. D., Jayanti, M. P. ., Alfawwaz, M. F., Risnawati, R., & Deliana, Y. P. . (2024). Membangun Generasi Literasi : Optimalisasi Pojok Baca Di SDN 02 Pasirlangu. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(8), 1–9. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5909

Issue

Section

Articles