Sinergitas Mahasiswa KKN UIN Bandung Bersama Masyarakat Desa Hegarmanah dalam Manajemen Informasi Media Sosial
Keywords:
Manajemen informasi, Media sosial, Whatsapp, Penyebaran Informasi, Partisipasi WargaAbstract
Program sosialisasi dan workshop manajemen informasi di media sosial, khususnya WhatsApp, dilaksanakan di lingkungan RW untuk meningkatkan efektivitas penyebaran informasi dan partisipasi warga. Observasi awal menunjukkan bahwa ketidakmerataan penyebaran informasi disebabkan oleh kurangnya struktur dan koordinasi dalam pengelolaan grup WhatsApp. Workshop ini memberikan pelatihan mengenai manajemen informasi yang baik, termasuk penyusunan pesan relevan, pengaturan waktu penyebaran, serta etika komunikasi. Hasilnya, program ini berhasil meningkatkan partisipasi warga dan efisiensi penyebaran informasi, meskipun masih ada tantangan konsistensi.
References
Arifin, Z. (2015). Psikologi perilaku. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Mulyana. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Sears, David O., et al. 2006. Social Psychology Twelfth Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Takariani. (2011). Komunikasi interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu. J.S Kalangi. (2016). Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana.
Cangara, H. (2005). Pengantar komunikasi massa. Jakarta: Erlangga.
Bimo, S. (2003). Teori perilaku. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ahmad Rafiq. Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 3 (1), 18-29, 2020
Toni Wijanarko Adi Putra, Achmad Solechan, Budi Hartono. Transformasi Digital
Pada UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar. Jurnal Informatika Upgris 9
(1), 2023
Hidayati Artarini, Franesya Amara Adistira Putri. KOMUNIKASI ORGANISASI BERBASIS MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PENGURUS RW 011 GRAND ORCHARD KELURAHAN SUKAPURA.
Journal Communication Lens 4 (1), 2024
Siti Nursanti, Firdaus Yuni Dharta, Syisea Putri Syam, Rifki Nugraha Purnama. Pelatihan komunikasi efektif berbasis media sosial bersama ppni komisariat rsud karawang. Jurnal Komunikasi Profesional 5 (5), 481-490, 2021
Saleha Rodiah, Agung Budiono, Asep Saeful Rohman. Model diseminasi informasi komunikasi kesehatan masyarakat pedesaan di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Kajian Komunikasi 6 (2), 175-190, 2018
Taufik Taufik, Angga Putra, M Nur Imansyah, Nurdianah Nurdianah, Iwansyah
Iwansyah. Literasi Digital untuk Guru Sekolah Dasar di Wilayah Pesisir Kabupaten Dompu. Jurnal PKM (Pengabdian kepada Masyarakat) 6 (5), 543-553, 2023
Mieka Nurhayati, Dakir Dakir, Noor Hujjatusnaini. Analisis manajemen pembelajaran online berbasis media sosial whatsapp untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi sistem pencernaan. Jurnal Bioterdidik: Wahana
Ekspresi Ilmiah 9 (1), 22-33, 2021
Ferisa Nurul Kamilah, Sri Budi Lestari. Manajemen Privasi pada Pengguna Media Sosial Instagram. Interaksi Online 9 (1), 98-108, 2020
Yani Sri Mulyani, Taufik Wibisono, Agung Baitul Hikmah. Pemanfaatan media social TikTok untuk pemasaran bisnis digital sebagai media promosi. Jurnal Ilmiah Hospitality 11 (1), 291-296, 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Raihan Rizqullah Ramdhani, Akhli Sidqi Alwafa Alwafa, Muhammad Thoriq, Rusmana, Gina Sakinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.