Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19 di Kelurahan Rancabolang
Keywords:
Pandemi, Pemberdayaan, Pembelajaran, Pendampingan, SiswaAbstract
Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk pendampingan beberapa siswa sekolah dasar di wilayah RW.02 kelurahan Rancabolang dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid – 19 dilihat dari kemampuan berfikir siswa dan peranan orang tua. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode sisdamas atau berbasis pemberdayaan masyarakat. Sasaran pengabdian ini adalah beberapa siswa jenjang Sekolah Dasar yang berada di wilayah RW.02 Kelurahan Rancabolang. Hasil penelitisn ini merujuk pada data yang diperoleh dari hasil pengamatan harian siswa selama 12 hari. Berdasarkan hasil pengabdian yang di dapatkan,terdapat lima orang siswa kelas empat dari sekolah yang berbeda memiliki kemampuan berpikir yang bermacam-macam terutama dalam kemampuan pemecahan masalah. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia pengajar yang berbeda dan peranan orang tua sangat mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa di sekolah pada masa pandemi covid-19.
References
Dian Sulistyaningrum, d. (2020). ndampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Study Kasus KKN Tematik Covid-19. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyayrakat.
Langke, R. (2019). Pendidikan Keagamaan di Era Global. Jurnal Ilmiah Iqra', 58-59.
Mirna Anggraini, d. (2021). Analisis Keberhasilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik melalui Daring pada Masa pandemi Covid-19di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3011-3013.
Roida Pakpahan, d. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknolohi Informasi dalam Pembelajaran JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 30.
Supriadi, O. (2009). Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 30-33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muhammad Hanif Al Ghifari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.