Pemberdayaan Pendidikan dan Literasi Madrasah Nurul Hikmah Secara Masif Dalam Konteks Wilayah Resesi Literasi

Authors

  • Fila alfadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • M Ihsan Saepudillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Budikurnia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rayhan Ibnu Azis UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kuliah kerja nyata, Pendidikan, Literasi, Sadangmekar

Abstract

Artikel ini membahas terkait aktifitas KKN kelompok 308 di desa Sadang Mekar. Kuliah kerja nyata adalah bentuk Implementasi mahasiswa terhadap nila-nilai dan pengetahuan yang dipelajari diruang perkuliahan salah satunya adalah tentang urgensifitas terhadap pemberdayaan membaca literasi.. Dalam skala kampus maka objek kajian selalu di sandarkan kepada referensi yang kredibilitasnya di akui keabsahannya. Namun, disisi itu perlu kita lihat dalam strata masyarakat tertentu yakni, masyarakat menengah kebawah. Masyarakat yang akses untuk mendalami pengetahuannya sudahkah memiliki kesataraan terhadap pembacaan atas literasi atau justru ada kejomplangan sosial yang terjadi di masyarakat kalangan bawah. Artikel ini sedikit nya membahas terkait kurang aksesibilitas masyarakat desa Sadang Mekar terhadap memahami pentingnya pendidikan. Point utamanya adalah ketidakmampuan pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa ternyata tidak secara merata teraplikasi sesuai dengan amanah konstitusi. Maka kami selaku mahasiswa memiliki ide kreatif untuk melakukan kegiatan meningkatan spirit membaca di desa Sadang Mekar. Dengan adanya. program tersebut sedikit banyaknya diharapkan bisa memberikan pemicu untuk masyarakat disana lebih paham aka pentingnya pendidikan.

References

Putri Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui. Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Abdi Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 160–164

Suyanto, A. (2015). Pengaruh Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 123-135.

Hidayat, A. (2020). Peningkatan Minat Baca Siswa melalui Program Pojok Baca. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 45-52.

Smith, J. A. (2020). Menciptakan ruang baca yang menarik bagi anak-anak. Library Quarterly , 90(2), 150-165.

Jones, B. (2018). Dampak pojok baca masyarakat terhadap tingkat literasi di pedesaan. Jurnal Pengembangan Masyarakat , 25(1), 22-38.

Kurniwati, F. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidiksn Di Indonesia Dan Solusi, 13(1), 2-3

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

alfadiana, F., M Ihsan Saepudillah, Putri Budikurnia, & Rayhan Ibnu Azis. (2025). Pemberdayaan Pendidikan dan Literasi Madrasah Nurul Hikmah Secara Masif Dalam Konteks Wilayah Resesi Literasi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(6). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5809

Issue

Section

Articles