Implementasi Nilai Pendidikan Agama dalam Membangun Cinta Tanah Air dan Rasa Syukur dalam Kegiatan 17 Agustus Di TPA Al-Qira’ah Desa Mekarsari
Keywords:
Pendidikan Agama, TPA, 17 Agustus, Cinta Tanah Air, Rasa SyukurAbstract
Pendidikan memegang peranan vital dalam membentuk manusia secara menyeluruh, serta berkontribusi dalam meningkatkan kecerdasan dan kualitas hidup bangsa. Salah satu bentuk pendidikan yang dapat diterapkan dalam kuliah kerja nyata adalah program pendidikan agama di TPA. Pendidikan agama di Indonesia memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter individu dan masyarakat, terutama dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual yang kuat. Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia setiap tanggal 17 Agustus, berbagai kegiatan sering kali diselenggarakan di komunitas lokal untuk menanamkan semangat nasionalisme dan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah dicapai. Implementasi nilai pendidikan agama dalam membangun cinta tanah air dan rasa syukur melalui kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus di TPA Al-Qira’ah, Desa Mekarsari adalah bagaimana membentuk karakter pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Sisdamas, dengan pendekatan partisipatif yang melibatkan kolaborasi antara pemimpin TPA dan mahasiswa KKN dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan seperti lomba-lomba akademik dan ketangkasan, serta acara seremonial, efektif dalam menanamkan nilai-nilai cinta tanah air dan syukur kepada para santri. Implementasi ini membantu memperkuat karakter santri dalam memahami pentingnya menjaga tanah air sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.
References
Aliyyah, R. R., Rahmawati, R., Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah kerja nyata: pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pendampingan pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663-676.
Anan, A. (2020). Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Dalam Membangun Kerukunan Beragama Peserta Didik. Pendidikan Multikultural, 4(1), 1-22.
Cholid, N., Jalaludin, E., & Cahyati, C. (2023). Implementasi Pendidikan Keagamaan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak di Era Digitalisasi Di Masyarakat Kelurahan Ulujami Jakarta Selatan. Bisma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 36-40.
Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758-2771.
Laila, A. M., Hanif, M., & Hakim, D. M. (2023). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Cinta Tanah Air Pada Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Nadhatul Ulama. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 8(7), 98-107.
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Idarah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 99–112.
Madjid, N. (1995). Islam: Agama Kemanusiaan: Membangun Tradisi dan Visi Baru Islam Indonesia. Jakarta: Paramadina.
Madya, E. B., Nabilah, S., Bellasonya, R., Harahap, S. A., Siregar, A. R., & Nurhasanah, S. (2023). Peranan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa di Desa Bintang Meriah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(4), 355-369.
Pembayun, N. C. P. (2018). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Konsep Trikon dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam (Kajian Pemikiran Ki Hajar Dewantara). Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
Prasasti, J. E. (2024). Konsep Kesetaraan Gender Menurut Husein Muhammad dan M. Quraish Shihab dan Relevansinya dengan Nilai-nilai Pendidikan Islam (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Quraish, S. M. (1996). Wawasan al-Qur’an. Bandung: Mizan.
Sururie, R. W., Aziz, R., Muttaqin, M., Uriawan, W., Zulqiah, Z., Mardiansyah, Y., & Fridayanti, F. (2019). Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan peluang pelaksanaan. Proceedings of the Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan Peluang Pelaksanaan, 2(01).
Yahdi, A. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Membentuk Sikap Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Pramuka Di Smp N 23 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Yani, A., Nurhayati, S.(2020). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Agama untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan Islam, 27-28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhamad Faqih Fathurahman, Rahma Nurfariza, Alfian Dhiyaul Haq, Mochammad Salman Al-Giffary, Rena Denya Agustina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

