Implementasi Dampak Kegiatan Bazar Sebagai Upaya dalam Mengoptimalkan UMKM di RW 03 Desa Sukatani, Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat
Keywords:
Bazar UMKM, KKN, Desa Sukatani, pengabdian masyarakatAbstract
Artikel KKN Reguler SISDAMAS Kelompok 263 UIN Sunan Gunung Djati Bandung membahas pengabdian masyarakat untuk mengoptimalkan UMKM di Desa Sukatani melalui bazar. Desa ini memiliki potensi usaha besar, terutama di industri pengolahan makanan dan minuman, namun UMKM menghadapi hambatan dalam akses pemasaran. Bazar berfungsi sebagai saluran promosi yang efektif, menghubungkan konsumen dengan UMKM. Kerja sama antara mahasiswa dan pelaku UMKM dalam bazar ini membantu mereka menarik minat konsumen dan menyebarkan informasi produk. Diharapkan, bazar dapat meningkatkan pendapatan UMKM dan mendorong kreativitas dalam pemasaran. Selain itu, pelaku UMKM di Desa Sukatani diharapkan dapat memperluas pasar, menarik lebih banyak konsumen, serta meningkatkan promosi melalui media sosial dan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk mempermudah pengelolaan usaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis dampak bazar terhadap perkembangan UMKM dan hasilnya diharapkan memberikan wawasan tentang potensi bazar sebagai alat pemasaran efektif di masa depan. Pelaksanaan bazar ini juga memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Sukatani, antara lain; 1) bazar UMKM meningkatkan penjualan produk, 2) kehadiran bazar memperluas pengetahuan masyarakat, 3) memberikan platform bagi UMKM untuk melakukan promosi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizqi Al fajri, Noval Mulya Dava Selamat, Sabrina Ainnur Hidayat, Rofifah Qonitatin, Rama Bhakti Dwiguna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

