Kontribusi Mahasiswa Dalam Seminar Pola Asuh Terhadap Karakter Anak Di RA Al-Muhajirin
Keywords:
pola asuh, seminar, KKN, pendidikan karakterAbstract
Perkembangan karakter anak dipengaruhi oleh pola asuh yang diterapkan orang tua dan lingkungan sekitarnya. Menghadapi tantangan modern seperti teknologi dan perubahan nilai sosial, penting bagi orang tua untuk memahami pola asuh yang tepat. RA Al-Muhajirin mengadakan Seminar Pola Asuh Terhadap Karakter Anak untuk meningkatkan pemahaman orang tua dan pendidik. Seminar ini diadakan sebagai respons terhadap perubahan sosial, tingginya kasus perilaku anak, pentingnya pembentukan karakter sejak dini, dan kebutuhan kolaborasi antara orang tua dan sekolah. Tujuan seminar meliputi peningkatan kesadaran orang tua tentang pola asuh yang efektif dan penguatan kerja sama dalam pendidikan anak. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan rancangan cross-sectional untuk menggambarkan hubungan antara pola asuh orang tua dan perkembangan karakter anak. Seminar melibatkan orang tua, guru, dan mahasiswa sebagai asisten, yang berkontribusi dalam mengidentifikasi masalah dan menawarkan solusi berdasarkan pengalaman langsung. Keterlibatan mahasiswa memperkuat sinergi antara teori dan praktik serta meningkatkan efektivitas program pendidikan di RA Al-Muhajirin. Dengan demikian, seminar ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pembentukan karakter anak.
References
Ayun, Q. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak.” Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 1 (2017): 102–22.
Berk, L. E. Child Development, 2018.
Hasugian, A. H., Pratiwi, A. D., Manurung, A. D., Saragih, H. P. E., & Rahmawati, R. “Peran Mahasiswa KKN Dalam Bidang Pendidikan Di Desa Bahjoga Utara Utara.” Jurnal Program Studi PGMI 2 (2023): 10.
Helma, Dadan Suryana. “Peranan Keluarga Dalam Pembinaan Akhlak Anak Usia Prasekolah.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 6 (2022).
KONSTANTINUS DUA DHIU, YASINTA MARIA FONO. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2 no 1 (2022): 60.
Priyanto, arif. Aplikasi Teori Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Lembaga Pendidikan Karakter. yogyakarta, 2020.
Santrock, J. W. Life-Span Development. McGraw-Hill Education, 2020.
Siswanto, agus. Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Jakarta: Penerbit Maju, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 salwa muntaz, , Neng Wilfa Sabila, Ade Rizki Maulana, Yuni Safitri, Amelia Maulida, Mustaqim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.