Penerapan Metode Halaqah Untuk Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an, Ibadah yaumiyyah dan Akidah Akhlak di MDTA Murasatul Anwar Cibeusi
Keywords:
Akhlak, Al-Qur'an, Halaqah, Ibadah Yaumiyyah, MDTA, TalaqqiAbstract
Pembelajaran Al-Qur’an, Ibadah Yaumiyyah dan akhlak merupakan aspek penting dalam pendidikan Islam. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an dan menjalankan ibadah yaumiyyah secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode halaqah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, mengembangkan ibadah Yaumiyyah dan membentuk akhlak yang baik di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Awaliyyah (MDTA) Murasatul Anwar Desa Cibeusi. Metode halaqah merupakan aktivitas berbentuk kelompok kajian yang melibatkan diskusi, bedah buku, dan pengajaran Al-Qur’an dengan metode talaqqi dan Iqro’. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode halaqah sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, mengembangkan ibadah yaumiyyah, dan membentuk akhlak yang baik terhadap peserta didik di MDTA Murasatul Anwar Desa Cibeusi.
References
Fatimah, S., Rahmawati, K., & Salmah, S. S. (2019). Meningkatkan Pemahaman Ilmu Tajwid Menggunakan Metode Halaqah Di Mis Assasul Islam Bogor. Pkm-P, 3(1), 43. https://doi.org/10.32832/pkm-p.v3i1.378
Hidayat, N. (2019). Model Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Interkonektif Berbasis pada Pengembangan Masyarakat yang Produktif Inovatif dan Kreatif. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 2(2), 219. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2018.0202-03
Ilham, I., & HT, S. (2020). Konsep Metode Halaqah Dalam Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti. KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(2), 113–125. https://doi.org/10.52266/kreatif.v18i2.464
Megawati, M., & Nurfitri, N. (2023). Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Wujud Pengabdian Di Desa Air Terjun. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 204–208. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i2.307
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anisa Salsabila, Mashelia Tia Afriliani, Raihanuddin, Adi Sopian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.