SOSIALISASI DIGITAL MARKETING PADA PELAKU USAHA DI KAMPUNG PARIGI DESA CIPARAY
Keywords:
Digital Marketing, UMKM, Sosialisasi, TeknologiAbstract
Kegiatan sosialisasi pengenalan digital marketing pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kampung Parigi, Desa Ciparay, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan para pelaku usaha dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai alat pemasaran yang efektif. Di era modern ini, pemasaran melalui platform digital, seperti media sosial dan e-commerce, menjadi penting agar UMKM dapat bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Sosialisasi ini memberikan pengetahuan dasar tentang konsep digital marketing, strategi penggunaan media sosial, serta cara memaksimalkan potensi pemasaran online guna memperluas jangkauan pasar. Metode yang digunakan oleh kelompok KKN 57 Desa Ciparay dalam sosialisasi ini meliputi penyuluhan, demonstrasi, dan diskusi interaktif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kesadaran para pelaku UMKM tentang pentingnya digital marketing, Stategi yang perlu dilakukan dalam digital marketing serta cara menghasilkan uang dalam media digital dengan startegi pemasaran digital. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM di Kampung Parigi Desa Ciparay melalui pemanfaatan teknologi digital.
References
Dimas Sasongko, Intan Rahma Putri, Vivi Nur Alfiani, Saskia Dyah Qiranti, Riski Sinta Sari, Pramania Eka Allafa, Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung, Vol 6, No. 2 , Oktober 2020 https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809
Edi Kurniawan, Nofriadi Nofriadi, Dewi Maharani, Sosialisasi digital marketing dalam upaya peningkatan penjualan produk umkm, Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat 1 (1), 31-36, 2021
Enok Risdayah, Tresnawaty Betty, and Cecep Suryana (2022) Digital marketing halal food home product: Bacinkie. Zara Abadi, pp. 154-161. ISBN 978-623-88319-1-3
Hadijah, S. (5 September 2024). Teknologi Digital: Pengertian, Perkembangan, Kelebihan dan Kekurangannya. https://www.cermati.com/.
Haryadi Mujianto, Cindi Fatika, Hilda Rahmawati, Neneng Eka Purwaningsih, Sosialisasi Literasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Perekonomian UMKM, Jurnal Media Pengabdian Komunikasi 4 (1), 20-31, 2024
Hasnawiya Hasan, Haliah Haliah, Muhammad Alief Fahdal, Pemberdayaan Masyarakat UMKM Sulawesi dalam Implementasi Digitalisasi UMKM, Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 3 (1), 43-50, 2022
Hendriadi, A. A., Padilah, T. N., & others. 2019. Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika. Vol 4(2).
Jeannita Gunawan, Aina Thusamma Salsabila, Khoirotun Nisa, Nurul Azizah, Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Tegalsari, Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 5 (2), 146-150, 2022
Leiwakabessy, T., Ikbal, L., Sihasale, J., Risambessy, M., Samale, L., & Ananda, G. (2023). SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM NEGERI HALONG. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 158-163. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.1.3.158-163
Muhammad Jhonsen Syaftriandi, Eka Hartati, Pengenalan Tren Desain Grafis Untuk Digital Marketing Bagi Umkm Mitra Binaan PT. Kilang Pertamina Internasional Unit III Plaju, Bulletin of Community Service in Information System (BECERIS) 2 (2), 125-132, 2024
N. I. Watajdid, A. Lathifah, D. S. Andini, and F. Fitroh, "Systematic Literature Review: Peran Media Sosial Instagram Terhadap Perkembangan Digital Marketing," Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), vol. 20, no. 2, pp. 163-179, Sep. 2021. https://doi.org/10.14710/jspi.v20i2.163-179
Nange, J. S., A Hadjon, K. C., Bau, M. Z. L., Kari, F., Taek, A. Y., Am’una, S. B. N., Lado, J. L., Wada Betu, K., & Baso, S. P. (2024). Sosialisasi Penerapan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Pada Masyarakat Desa Tanah Merah. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1874–1878. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8804
Nanto Purnomo, Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing, Vol. 4 No. 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Desember 2020, https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11307
Nur Shabrina Meutia, Uliyatul Laili, Tsamroatul Fu’adah, Alvian Daffa Saputra, Afni Virda Alfadinam Komatika: Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan UMKM Desa Menunggal Sebagai Bentuk Transformasi Digital Branding, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (2), 47-52, 2023
Prabowo, W. A. 2018. Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Tiga di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112
Prima, p. (April 8, 2024). Teknologi Digital: Pengertian, Perkembangan, Manfaat, Contohnya. Vol 12 (2). 101–112, https://www.kitalulus.com/.
Rachmawati, Fitri. 2018. Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Jurusan Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. Surabaya.