Strategi KKN 160 Sisdamas Desa Padaulun dalam Memperkuat Literasi dan Pengetahuan Masyarakat RW 15 melalui Sudut Baca dan Banner Edukasi
Program Kerja Sudut Baca dan Program Kerja Banner Edukasi
Keywords:
Literasi, Padaulun, KKN, Sudut Baca, Banner EdukasiAbstract
Literasi dan pengetahuan adalah dua sisi mata uang yang sama. Keduanya saling
melengkapi dan mendukung satu sama lain. Dengan memiliki literasi yang baik dan
terus memperkaya pengetahuan, kita dapat hidup lebih berkualitas, mandiri, dan
berkontribusi bagi masyarakat. Rendahnya literasi di Desa Padaulun, khususnya di
RW 15, menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh masyarakat.
Meskipun sebagian besar masyarakat memiliki akses terhadap pendidikan formal,
namun kebiasaan membaca di luar kebutuhan akademik masih kurang terbangun.
Kurangnya akses terhadap sumber bacaan yang berkualitas serta minimnya fasilitas
pendukung seperti perpustakaan desa membuat budaya membaca di kalangan warga
tidak berkembang dengan baik. Hal ini diperburuk oleh rendahnya kesadaran akan
pentingnya literasi sebagai alat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.
Artikel yang berbasis pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman
mengenai pentingnya pengetahuan dan literasi yang luas bagi masyarakat sebagai
salah satu cara untuk meningkatkan serta memperluas pengetahuan dan mengajak
masyarakat untuk lebih sadar akan manfaat membaca sebagai bagian dari upaya
membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Metode yang digunakan dalam
penelitian berbasis pengabdian ini adalah metode Sisdamas yang berbasis
pemberdayaan masyarakat, artinya program kerja yang dilaksanakan mengacu
pada kondisi masyarakat dan wilayah dampingan KKN. Program sudut baca dan
banner edukasi kebersihan menjadi salah satu solusi yang dilakukan untuk mengajak
masyarakat akan pentingnya pengetahuan dan pentingnya menjaga lingkungan.
Hasil dari pelatihan ini memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai
pentingnya mereka untuk memiliki pengetahuan dan literasi yang luas serta
pentingnya menjaga lingkungan sekitar.
References
Amiroh, Siti. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Kelas IV Di Mi Taufiqiyah Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Anshari, Zainal, dkk. (2022). Buku Pedoman KKN ABCD (Aset Based Community Development). Jember: LP2M UIN KHAS Jember.
Ansori, M. (2022). Pengembangan Pengelolaan Perpustakaan Melalui Gerakan Literasi Sekolah Bagi Guru-Guru SD Plus Al-Qodiri Jember. Al-Ijtima: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 111-128.
Harahap, W. R. (2018). Empat Jenis Perpustakaan Zaman" Now". JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 3(2), 194-202.
Hidayah, A. & Hidayah, N. (2022). Optimalisasi Pojok Baca Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Masyarakat Di Desa Plodongan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(1), 100-106.
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. 2019. Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108-118.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fikri, Nadhira Zahratina Siregar, Nasywaa Rifdah Aulia, Nila Yulia, Yayan Khaerul Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.