Eksplorasi Pengalaman Belajar Siswa Melalui Program Bimbingan Manoko pada Mata Pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris
Keywords:
Pengajaran, pembelajaran, belajar, program kegiatanAbstract
Pendidikan memiliki peran yang sangat vital dalam pemberdayaan dan
meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kampung Manoko, Desa
Cikahuripan menjadi saksi bagi kontribusi nyata program pengabdian yang
berjalan dalam segmentasi pendidikan. Program Bimbingan Manoko,
merupakan program pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan
kualitas pengajaran dan menjembatani bentuk keresahan yang merupakan
ketimpangan pendidikan di dalam ruang lingkup siswa sekolah dasar di
Kampung Manoko, Desa Cikahuripan. Metode yang digunakan dalam
program ini adalah SISDAMAS (Sistem Pemberdayaan Masyarakat) yang
dimulai dengan penilaian kebutuhan siswa dan analisis sosial melalui
wawancara singkat dan diskusi kelompok. Pendekatan ini berfokus pada
empat bidang mendasar yang mencakup bidang eksplorasi dalam mengajar
dan juga bentuk pembelajaran yang sesuai dengan segmentasi yang
dibutuhkan. Pertama, meningkatkan kemampuan dasar siswa dalam
pembelajaran Matematika melalui metode pembelajaran yang lebih interaktif
dan berbasis diskusi kelompok. Kedua, Perkembangan kemampuan bahasa
Inggris siswa dengan mengimplementasikan metode pengajaran yang
inovatif dan relevan. Ketiga, inisiatif yang ditujukan untuk meningkatkan
motivasi dan kepercayaan diri siswa melalui kegiatan-kegiatan yang
menginspirasi siswa untuk menjadi pribadi yang efektif. Keempat,
meningkatkan kesadaran orang tua dan masyarakat sebagai dua faktor
penentu keberhasilan dalam menciptakan lingkungan yang tepat untuk
belajar. Dari program pengabdian ini, diharapkan hal-hal berikut ini dapat
tercapai: kemampuan belajar siswa akan meningkat dan siswa merasa
termotivasi untuk terus belajar dan tentunya mengukur efektivitas program
terhadap siswa dan bagaimana sistem pendukung berkontribusi terhadap
keberhasilan program.
References
Adan, Satria Ikhlasul Amal. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 1, no. 2 (2023).
Annisah, Annisah, Waliyudin Waliyudin, Muhammad Asad Imaduddin, and Bima Faturrahman. “Pemberdayaan Anak Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Di Kelurahan Manggemaci Kota Bima.” Journal of Excellence Humanities and Religiosity 1, no. 2 (2024): 71–78.
Hardiansyah, Dadang, Anisa Putri Nabila, Desri Yolanda, Dinda Dinda, Mutiara Manalu, and Syarbaini Saleh. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT: UPAYA MENINGKATKAN HARMONI KOMUNITAS MELALUI KEGIATAN CERAMAH DAN SOSIALISASI MODERESASI BERAGAMA DI DESA GUNUNG BANDUNG.” BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) 7, no. 2 (2024): 533–39.
Isma, Andika, Adi Isma, Aswan Isma, and Ardian Isma. “Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Terapan, 2023, 11–28.
Jannah, Miftahul, and Miftahul Hayati. “Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika.” Griya Journal of Mathematics Education and Application 4, no. 1 (2024): 40–54.
Khoirril, Oktavia Putri, Muazari Khoiru Zacky, Isal Abellita, Luthfiana Putri, Vivin Ary Syabella, Muhammad Akbar Putra Handoyo, Veren Myvara, Warda Akhadatus Zuhro, Yustanti Aprinda Farhana, and Bayu Priambodo. “OPTIMALISASI POTENSI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM SUPLEMEN BELAJAR DI DESA SUMBERBENDO.” KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 3 (2023): 164–68.
Mini, Rus. “Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Karakter Dan Attitude.” Nur El-Islam 4, no. 2 (2017): 79–96.
Radja, Ivana Grace Sofia, Leo Riski Sunjaya, and Yohan Eka Wahyunda Febriansyah. “Kualitas Pendidikan Di Daerah Pedesaan, Studi Kasus Desa Rowotamtu Dan Tisnogambar.” Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora 1, no. 4 (2023): 296–310.
Sana, Nur Nisfi, Siti Nurharirah, Muhamad Ziddan, and Megan Asri Humaira. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbentuk Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah.” Karimah Tauhid 3, no. 1 (2024): 490–95.
Siregar, Deasy Yunita, Anas Aulia Toha, Restu Audy Azhari, and Nirmaya Fanisya. “PERAN MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN) DALAM BIDANG PENDIDIKAN SEBAGAI WUJUD PENGABDIAN DI DESA BANGUN PURBA.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 4 (2023): 7279–84.
Supraba, Dellawaty. “Hubungan Antara Kepuasan Hidup Dan Dukungan Sosial Dengan Prestasi Akademik Siswa Remaja Awal.” UNIVERSITAS AIRLANGGA, 2016.
Ummah, S Sumihatul, Desty Endrawati Subroto, Muh Zuhdy Hamzah, and Retno Fentari. “Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Attractive: Innovative Education Journal 5, no. 3 (2023): 91–103.
Widyahening, Ch Evy Tri, Sri Handayani, Luqman Al Hakim, and Ayu Istiana Sari. Tantangan Dan Tren Dalam Pendidikan Bahasa Inggris: Panduan Praktis Untuk Guru Profesional. UnisriPress, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Frisilia, Abdan Faikar Rachman DARMAWAN, Rida Hayatul Azmi, Adillah Alif Regi, Yuda Septia Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

