Sosialisasi dan Edukasi Tentang Stop Bullying Terhadap Anak-Anak di SDN Marga Asih Desa Cibeusi
Keywords:
Sosialisasi, Bullying, Anak-AnakAbstract
Maraknya bullying yang terjadi pada anak anak tepatnya di SDN Marga Asih Desa Cibeusi seringkali membuat anak anak merasa tidak nyaman yang akhirnya mengakibatkan anak-anak malas untuk datang ke sekolah akibat adanya bullying di sekolah. Maka dari itu diperlukannya sosialisasi dan edukasi bullying kepada siswa/i di SD yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada siswa siswi terkait bullying, membentuk karakter siswa siswi agar saling mengerti satu sama lain dan meminimalisir adanya bullying baik di Sekolah maupun luar sekolah. Sosialisasi dan edukasi bullying ini merupakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 408 yang diselenggarakan di Desa Cibeusi menggunakan metode pengabdian dengan observasi secara langsung kemudian dideskripsikan berdasarkan perspektif narasumber dengan mempertahankan kondisi nyata di lapangan dalam program penyuluhan atau sosialisasi. Kegiatan Sosialisasi Pencegahan atau Stop Bullying ini diadakan untuk mengurangi dan mengantisipasi permasalahan yang sering terjadi. Bullying sendiri sangat rentan bagi psikologi seseorang terutama para anak-anak.
References
Unggul: Jakarta, 2020.
Aswadul Fitri Saiful Rahman dkk, “Sosialisasi Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah Dasar Negeri 020 Balikpapan Utara”, Jurnal Masyarakat Merdeka, Volume 3 Nomor 2, November 2020, Hlm. 9
Lu’luin Najwa, Menik Aryani, Muhamad Suhardi, Ary Purmadi & Eneng Garnika, “Sosialisasi Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Edukasi Pendidikan Karakter Dan Pelibatan Orang Tua”, Jurnal P4I, Vol. 3, No. 1, 2023, Hlm. 14
Rita Mahriza, Meutia Rahmah, Nani Endri Santi, “Stop Bullying: Analisis Kesadaran dan Tindakan Preventif Guru pada Anak Pra Sekolah”, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 Issue 1 (2021), Hlm. 892
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Genta Wahyu Pratama, Fauziah Taufiq, Tasyah Dewi Gama Asih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.