Pencegahan Stunting Melalui Pembelajaran Nilai-nilai Karakter Sejak Dini di Desa Sukamanah

Authors

  • Pefi Luthfiyati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fitria Nur Azizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ainun Nur Auliya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rahmat Almansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Stunting, Pendidikan Karakter, Bullying, Pencegahan, KKN, Desa Sukamanah

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata terhadap permasalahan sosial di tingkat lokal. Artikel ini membahas program pengabdian yang dilakukan oleh kelompok KKN di Desa Sukamanah, khususnya dalam upaya pencegahan stunting melalui pendidikan karakter sejak dini. Latar belakang kegiatan ini adalah tingginya prevalensi stunting dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai pentingnya gizi dan kesehatan anak pada 1.000 hari pertama kehidupan. Penelitian ini menggunakan pendekatan partisipatif dengan melibatkan siswa SMK Yp 79 Majalaya dan tenaga pendidik dalam workshop pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta mengenai pentingnya gizi yang tepat untuk pencegahan stunting, serta penguatan nilai-nilai moral dalam mengatasi bullying. Kesimpulannya, pendidikan karakter yang terintegrasi dengan program pencegahan stunting efektif dalam membangun kesadaran kesehatan dan moral peserta. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan program edukasi di sekolah dapat menjadi solusi preventif dalam mengurangi kasus stunting dan bullying

References

Jones, M. (2021). Holistic approaches in education: Reducing bullying and stunting through character education. Journal of Child Development, 45(2),

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Laporan Stunting di Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2020). Data Kasus Bullying di Sekolah. Jakarta: KPAI.

Lestari, S., & Riyanti, D. (2020). The Role of Character Education in Reducing Bullying Behavior in Primary School Students. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1),

Lickona, T. (2018). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Olweus, D. (2013). Bullying at School: What We Know and What We Can Do. Malden, MA: Wiley-Blackwell.

Rahayu, T., & Andriana, E. (2022). Gizi dan Pertumbuhan Anak: Mengatasi Stunting di Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Smith, P.K. (2020). Bullying in Schools: Causes, Consequences, and Solutions. Educational Psychology Review, 32(4).

UNICEF. (2019). The State of the World's Children 2019: Children, Food and Nutrition. New York: UNICEF.

World Health Organization. (2019). Stunting in a Global Context: Public Health Priorities and Policies. Geneva: WHO.

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Luthfiyati, P., Azizah, F. N., Auliya, A. N., & Almansyah, R. (2025). Pencegahan Stunting Melalui Pembelajaran Nilai-nilai Karakter Sejak Dini di Desa Sukamanah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(6). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5476

Issue

Section

Articles