Meningkatkan Ketertarikan Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris Di Dusun 3 Desa Palasari
Keywords:
Ketertarikan, Bahasa Inggris, Language-Rich EnvironmentAbstract
Bahasa Inggris, sebagai bahasa internasional, memainkan peran penting dalam
berbagai bidang kehidupan seperti pendidikan, ekonomi, dan sosial. Di Desa
Palasari, khususnya Dusun 3, yang terletak di kawasan wisata yang ramai
dikunjungi turis asing, penting bagi penduduk, terutama generasi muda, untuk
menguasai bahasa Inggris. Namun, ketertarikan siswa di wilayah ini untuk
mempelajari bahasa Inggris masih belum optimal. Penelitian ini menerapkan metode
"Language-Rich Environment," yang dikemukakan oleh Montessori, untuk
meningkatkan ketertarikan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa
Inggris. Metode ini melibatkan interaksi sehari-hari dengan bahasa melalui kegiatan
menyanyi, menulis kosakata, membaca, percakapan, dan permainan edukasi. Hasil
penerapan metode ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi dan
keterlibatan siswa, dengan siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dan kemajuan
dalam kemampuan bahasa Inggris mereka. Melalui pendekatan yang menyenangkan
dan interaktif ini, siswa tidak hanya memperbaiki keterampilan bahasa mereka tetapi
juga lebih termotivasi untuk belajar.
References
Johnson, A.P. (2002). "A Short Guide to Action Research."
Cummins, J. (2000). "Language, Power and Pedagogy: Bilingual Children in the
Crossfire."
Vygotsky, L.S. (1978). "Mind in Society: The Development of Higher
Psychological Processes."
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lia Amalia Siregar, Dea Khoirunnisa Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

