Pengaruh Aplikasi Shopeefood Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Di Desa Bojong Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung Jawa Barat
Abstract
Sektor perekonomian Indonesia saat ini didukung oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Shopee menghadirkan layanan baru yaitu Shopee Food (food delivery) yang membantu UMKM dalam melakukan transaksi penjualan dan pembayaran secara tunai maupun non tunai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pemanfaatan layanan Shopee Food bagi pelaku UMKM di Desa Bojong. Penelitian ini menggunakan studi pustaka dan wawancara, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah banyak manfaat dan pengaruh dari layanan Shopee Food bagi UMKM, seperti peningkatan pendapatan bagi UMKM, peningkatan pengetahuan tentang strategi pemasaran digital dan UMKM dapat mengikuti event-event besar Shopee Food seperti 9:9 dan lain sebagainya. Sehingga dapat dikatakan bahwa layanan Shopee Food diterima dengan baik saat ini oleh para pelaku UMKM.
References
Hastuti, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., Aribowo, H., Faried, A. I., . . . Simarmata, J. (2020). KEWIRAUSAHAAN DAN UMKM. Medan: Yayasan Kita Menulis.
KHOMARIYAH, A. (2021). PELUANG BISNIS MAKANAN DAN MINUMAN DI SHOPEE FOOD. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 5.
Simarmata, F., Lesmana, R. N., Sari, P. R., & Setiyawan, A. (2021). PENGARUH PEMANFAATAN LAYANAN SHOPEE FOOD BAGI PELAKU UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Seri Seminar Nasional Ke-III Universitas Tarumanagara , 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ardhita Sheva Ramadhana Sheva, Reni Rosmawati, Intan Sri Maulani, Ridwan Eko Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.