Implementasi Pembelajaran Inovatif di SDN Jati 01 Andir dan Peningkatan Motivasi Belajar di DKM Ar-Rohman

Authors

  • Dea Sahraz Restu Padilah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ichwan Mochamad Haikal UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Revi Virgi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zihan Mailan Nisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurmawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

DKM Ar-Rohman, KKN Sisdamas, Pembelajaran Inovatif, SDN 01 Andir

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat melalui Pembelajaran Inovatif di SDN Jati 01 Andir dan Peningkatan Motivasi Belajar di DKM Ar-Rohman merupakan bagian dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa di SDN 01 Andir dan santri di DKM Ar-Rohman terhadap peningkatan motivasi belajar. Penulis merancang beberapa program khusus yang berkaitan dengan tema KKN Sisdamas. Program-program yang telah dirancang antara lain, 1) memberikan pemahaman kepada siswa saat kegiatan belajar mengajar, 2) melibatkan siswa dalam diskusi terkait mata pelajaran untuk mendorong pemahaman secara komprehensif, 3) Mengadakan program pohon harapan dan lomba kaligrafi. Adapun, metode pelaksanaan program yang dilakukan yaitu menggunakan metode pembelajaran inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah program dilaksanakan, terdapat peningkatan dalam pemahaman siswa dan santri mengenai kegiatan belajar mengajar. Adapun implikasi penelitian yang didapatkan yaitu adanya relevansi kegiatan yang menegaskan bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) tidak hanya berfungsi sebagai sarana pengabdian masyarakat, tetapi juga sebagai platform efektif untuk eksperimen dan penerapan metode pembelajaran inovatif.

References

Ahmad, G., S., & Masbukin. (2021). KALIGRAFI DAN PERADABAN ISLAM (Sejarah dan Pengaruhnya bagi Kebudayaan Islam di Nusantara. Journal For Southeast Asian Islamic Studies, 17(2).

Ainun. “Peran Program KKN Mengajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SDN Rowobranten, Kendal The Role of the KKN Teaching Program in Increasing Student Learning Motivation at SDN Rowobranten.” Kendal 1, no. 4 (2024): 38–46.

Beku. “Penggunaan Metode Diskusi Untuk Mengaktifkan Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Matematika.” Jurnal Citra Pendidikan Anak 1, no. 2 (2023): 1–8.

Ghazali, Ahmad, and Masbukin. “Kaligrafi Dan Peradaban Islam (Sejarah Dan Pengaruhnya Bagi Kebudayaan Islam Di Nusantara).” Journal For Southeast Islamic Studies 17, no. 2 (2021): 68–75.

Harianto, Beni, and Alfiah. “Implementasi Metode Talaqqi Dan Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hafalan Siswa Di SMA Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru II.” Jurnal Multidisiplin Inovatif 8, no. 7 (2024): 2246–6110.

Paputungan. “Implementasi KKN Sebagai Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Sesuai Dengan Bidang Ilmu.” Media Online) Journal of Education and Culture (JEaC 1, no. 3 (2023): 2986–1012.

Rahman. “Pengertian Pendidikan, Pendidikan Ilmu, Dan Unsur Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 2 (2022): 1–8.

Rasma. “Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 10 Makassar.” Angewandte Chemie International Edition 2, no. 6 (2019): 951–952.

Shafa. “Pengenalan Profesi Dan Penguatan Cita-Cita Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Media Pohon Harapan.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 4 (2023): 3049–3054.

Sodik. “Pendidikan Toleransi Dan Relevansinya Dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia.” Jurnal Studi Islam 2, no. 14 (2020): 1.

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Sahraz Restu Padilah, D., Ichwan Mochamad Haikal, Revi Virgi, Zihan Mailan Nisa, & Nurmawan. (2024). Implementasi Pembelajaran Inovatif di SDN Jati 01 Andir dan Peningkatan Motivasi Belajar di DKM Ar-Rohman. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(8), 1–15. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5375

Issue

Section

Articles