Optimalisasi Kegiatan KKN dalam Mendukung Proses Pembelajaran Madrasah Diniyah dan PAUD di Desa Padaulun

Authors

  • Athirah Irbah Izzetya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khofif Khoirunnisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Dimas Nur Aditya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Noor Jannatal Firdaus UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yayan Khaerul Anwar UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler SIDAMAS di Desa Padaulun, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui pendidikan, khususnya di bidang keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi optimalisasi kegiatan KKN dalam mendukung proses pembelajaran di madrasah dan PAUD. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dengan melibatkan mahasiswa KKN, guru, dan siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan KKN berhasil meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap materi keagamaan, serta memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, sarana prasarana, dan perbedaan gaya belajar siswa. Namun, dengan pendekatan yang tepat, seperti pendekatan bermain dan diferensiasi, kendala tersebut dapat diatasi.

References

Dahlina Sari Saragih, dkk., 2019, "Dinamika Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah, Studi Kasus MTDA di Kecamatan Percut Sei Tuan," Edu Religia: Vol.3 No.1 Januari-Maret.

Maghribi, Amirul Maliki, et al. "Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Melalui Kegiatan KKN Mengajar Mengaji." BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat 6.1 (2024): 51-62.

Downloads

Published

2024-12-07

How to Cite

Izzetya, A. I., Khoirunnisa, K., Aditya, M. D. N., Firdaus, M. N. J., & Yayan Khaerul Anwar. (2024). Optimalisasi Kegiatan KKN dalam Mendukung Proses Pembelajaran Madrasah Diniyah dan PAUD di Desa Padaulun. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(7), 1–11. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5336

Issue

Section

Articles