Implementasi Program Bimbel Bahasa Inggris sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-anak usia SD di Desa Manggungharja

Authors

  • Rizal Arifin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Drs. H. Wiryo Setiana, M.Si. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Desa Manggungharja, Kemampuan Bahasa, Bahasa Inggris, Bimbingan Belajar, SISDAMAS

Abstract

Ada sejumlah besar anak-anak SD di desa Manggungharja, terutama di RW 6, yang tidak memahami bahasa Inggris dengan baik. Selain itu, ditemukan beberapa anak yang telah mencapai tingkat atas di SD sederajat namun masih menghadapi kesulitan dalam membaca  dan beberapa anak yang sudah bisa membaca tetapi kurang memahami bahasa Inggris. Dalam pelaksanaan program Bimbingan Belajar Bahasa Inggris, Sistem Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS) adalah metode pengabdian yang digunakan. Dari jumlah peserta yang hadir mengikuti bimbel bahasa Inggris bersama kelompok KKN 63, menunjukan bahwa kompetensi bahasa Inggris anak-anak Sekolah Dasar di Desa Manggungharaja, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung termasuk dalam kriteria yang kurang baik. Kendala yang kami temui saat kegiatan bimbel bahasa Inggris berlangsung diantaranya, yaitu kurangnya penguasaan kosakata (vocabulary) dan pengujaran (pronunciation) yang salah. Kami juga menemukan bahwa ada kebiasaan menggunakan bahasa daerah saat beraktivitas sehari-hari, yang membuat bahasa Inggris menjadi "asing". Semoga upaya yang telah dilakukan oleh kelompok KKN 63 ini dapat membantu mengatasi salah satu masalah pendidikan, yaitu kurangnya kemampuan bahasa Inggris anak-anak SD di desa Manggungharja, serta diharapkan juga kemampuan bahasa Inggris anak-anak SD di desa Manggungharja dapat meningkat lebih baik.

References

Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108.

Darsiana, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas III SD NEGERI 157 Pekanbaru. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(2), 202.

Handayani, S. (2016). Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102–106.

Hamalik, O. (2000). Bimbingan Belajar. Tarsito: Bandung.

Lian, B. (2019, July 8). TANGGUNG JAWAB TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI MENJAWAB KEBUTUHAN MASYARAKAT.

Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. PEDAGOGIA Jurnal Pendidikan, 5(2), 147–156.

Pauziah, A. S. S., Nursabila S, S., Rifai S, M., & Jamaluddin, N. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Program BIMBEL KKN di Kelurahan Pasir Kihiyang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(2).

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Rizal Arifin, & Drs. H. Wiryo Setiana, M.Si. (2024). Implementasi Program Bimbel Bahasa Inggris sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-anak usia SD di Desa Manggungharja. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(5), 1–11. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5277

Issue

Section

Articles