Revitalisasi Pendidikan Anak melalui Program Pekan Literasi di Desa Wangunharja

Authors

  • Mulyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fuadah UIN Raden Intan Lampung
  • Lestari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Revitalisasi, Pendidikan, Literasi

Abstract

Revitalisasi ialah proses, cara, dan perbuatan menghidupkan kembali suatu hal yang sebelumnya kurang terberdayakan. Diberdayakannya Revitalisasi Pendidikan ini bertujuan untuk mengembangkan kembali daya belajar siswa di Desa Wangunharja. Dalam penelitian ini kami menggunakan metode yang sesuai dengan Arah dari LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu KKN Reguler SISDAMAS dan Arah dari LP2M UIN Raden Intan Lampung yaitu KKN Kolaboratif. Didalam metode pengabdian ini kami menjalankan 4 tahapan siklus yaitu: Siklus I (Sosialisasi awal, Rembug warga, dan Refleksi sosial), Siklus II (Pemetaan sosial dan Pengoganisasian masyarakat), Siklus III (Program Perencanaan partisipatif dan sinergi), Siklus IV (Program Pelaksanaan , Pemantauan, dan Evaluasi). Pendidikan anak di Desa Wangunharja menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan akses terhadap bahan bacaan dan rendahnya minat literasi di kalangan anak-anak. Untuk mengatasi masalah ini, artikel ini mengeksplorasi implementasi Program Pekan Literasi sebagai upaya revitalisasi pendidikan anak di Desa Wangunharja. Program ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis anak-anak melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan literasi, diskusi buku, dan kompetisi membaca. Artikel ini menyimpulkan bahwa revitalisasi pendidikan melalui program berbasis literasi dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil seperti Desa Wangunharja.

References

Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: jurnal riset pedagogik, 4(1), 94-107.

Ayuningrum, A., Mabruroh, M., & Dewi, R. S. (2023). Analisis bahan ajar literasi dan numerasi di sekolah dasar. Journal on Education, 6(1), 9257-9267

Nugroho, A. W., & Dewi, A. A. (2024). Kajian Literatur: Peran Lingkungan Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Belajar Anak. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(3), 21-31

Syardiansah, S. (2019). Peranan kuliah kerja nyata sebagai bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa: Studi kasus mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57-68.

Sangian, D., Dengo, S., & Pombengi, J. (2018). Pendekatan partisipatif dalam pembangunan di desa tawaang kecamatan tenga kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Administrasi Publik, 4(56).

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Mulyani, I., Fuadah , A. W. ., Lestari , M., & Alansyah , A. . (2024). Revitalisasi Pendidikan Anak melalui Program Pekan Literasi di Desa Wangunharja. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(5), 1–10. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5081

Issue

Section

Articles