Optimalisasi Branding Dan Marketing Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Melalui Seminar Kewirausahaan Di Desa Gunungkeling
Keywords:
Branding, Desa, Kuliah Kerja Nyata, Marketing, UMKMAbstract
Sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Kuliah Kerja Nyata Dilaksanakan Pada Tahun 2024 salah satunya di Desa Gunungkeling. Desa Gunungkeling merupakan salah satu desa yang memiliki potensi kewirausahaan yang besar. Pada survey yang dilakukan terdapat puluhan UMKM yang beroperasi di desa ini, sehingga peluang untuk pengembangan ekonomi lokal sangat menjanjikan. UMKM ini mencakup berbagai sektor, seperti pertanian, perkebunan, produk makanan, dan jasa. Namun, salah satu masalah utama yang dihadapi oleh para pelaku UMKM di desa ini adalah lemahnya aspek branding dan marketing.. Melihat permasalah diatas, kami peserta KKN Desa Gunungkeling mengadakan seminar kewirausahaan sebagai salah satu solusi yang dapat dilakukan. Seminar ini bertujuan untuk membekali para pelaku UMKM dengan pengetahuan dan keterampilan dalam membangun brand yang kuat, serta memanfaatkan strategi pemasaran modern, seperti pemasaran digital dan penggunaan media sosial. Metode pengabdian KKN Tematik Mitra Pemda Kuningan yang kami laksanakan terhitung dari tanggal 14 Juli 2024 sampai dengan 22 Agustus 2024 mengacu pada langkah-langkah pengabdian KKN berbasis pemberdayaan masyarakat (Sisdamas) yang diusung oleh Tim Pusat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang memiliki empat siklus. Selain melakukan metode KKN Sisdamas, metode deskriptif juga kami lakukan untuk mengolah data yang tekumpul melalui melalui wawancara dan observasi langsung kepada masyarakat disekitar wilayah garapan. Hasil penelitian didapat dari terlakasananya kegiatan Seminar Kewirausahaan Di Desa Gunungkeling dengan solusi optimalisasi branding dan marketing UMKM yaitu dengan memaksimalkan peran media sosial dalam pemasaran produk UMKM Desa, branding produk yang baik, analisis target pasar, dan menerapkan marketing mix dalam perencanaan produk (product, price, place, promotion, people).
References
Petunjuk Teknis KKN SISDAMAS UIN SGD BDG Tahun 2024: Mewujudkan Rahmatan Lil Alamin (2024).
Saehu, A., & Nugraha, F. (2019). KKN Sisdamas: Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Penggunaan Smartphone untuk Marketplace. Alkhidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 2 (2), 15-25.
Wibawa, S. (2017). Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Disampaikan dalam Rapat Perencanaan Pengawasan Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri. Yogyakarta, 29, 01-15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asyif Nursyifa Al-Hijri, Megha Nur Rahmayani, Aleysya Muftifah, Muhammad Syam Abdurrahman, Apip Rudianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

