Tuntaskan Misi KKN: Jejak Perubahan Positif di Masyarakat

Authors

  • M Ramdhani Basyasyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • M Gilang Ramadhan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Maritza Fathiarafa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Najwa Dhiya Adila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sania El Fadlila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yonathan Nathanael UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bukanagara, KKN, Pengabdian, Program, Shadow Teacher

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan pendidikan di SDN Bukanagara 1 Desa Cupunagara, Kabupaten Subang melalui program “Shadow Teacher”. Latar belakang masalahnya adalah kurangnya tenaga pendidik dan kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Metode yang digunakan adalah pendampingan intensif oleh mahasiswa KKN sebagai guru pendamping selama 35 hari. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan antusiasme dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran dan membantu meringankan beban guru kelas. Keberhasilan pengabdian terlihat dari peningkatan performa akademik siswa dan pengembangan model pendampingan yang efektif. Rekomendasi untuk keberlanjutan program meliputi penilaian kebutuhan berkala, pelatihan guru, dan integrase program ke dalam kurikulum sekolah.

References

Blatchford, P., Bassett, P., Brown, P., Martin, C., Russell, A., & Webster, R. (2009). Deployment and impact of support staff in schools. Department for Children, Schools and Families.

Blatchford, P., Russell, A., & Webster, R. (2012). Reassessing the impact of teaching assistants: How research challenges practice and policy. Routledge.

Farrell, P., Alborz, A., Howes, A., & Pearson, D. (2010). The impact of teaching assistants on improving pupils' academic achievement in mainstream schools: A review of the literature. Educational Review, 62(4), 435-448.

Freire, Paulo. (1970). Pedagogy of the Oppressed.

Giangreco, M. F., Suter, J. C., & Doyle, M. B. (2010). Paraprofessionals in inclusive schools: A review of recent research. Journal of Educational and Psychological Consultation, 20(1), 41-57.

Groom, B., & Rose, R. (2005). Supporting the inclusion of pupils with social, emotional and behavioural difficulties in the primary school: The role of teaching assistants.

Journal of Research in Special Educational Needs, 5(1), 20-30.

Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science (IJES), 4(2), 1-12.

Haryanto, B. (2018). Analisis Ketersediaan dan Pemanfaatan Sarana Prasarana Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 25-33.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3), 457-467.

Mimpira, H., & Effawati, D. (2020). Peran Guru Pendamping Dalam Membantu

Pembelajaran PAUD Di Gugus Mawar Kec. Sukaraja Kab. Seluma. GENTA MULIA, XI (2), 244-257.

Radford, J., Bosanquet, P., Webster, R., & Blatchford, P. (2011). Fostering learner independence through heuristic scaffolding: A valuable role for teaching assistants. International Journal of Educational Research, 50(5-6), 366-378.

Rivalina, R. (2016). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165-176.

Sa’diyah, K., & Suhaimy, F. (2023). Pengaruh Penggunaan ICE Breaking Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Studi Survei di Smk Negeri 7 Jakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(3), 1880-1893.

Sharma, U., & Salend, S. J. (2016). Teaching assistants in inclusive classrooms: A systematic analysis of the international research. Australian Journal of Teacher Education, 41(8), 118-134.

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS pada Kurikulum 2013. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1-9.

Suryani, Nunuk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives.

Webster, R., Blatchford, P., & Russell, A. (2013). Challenging and changing how schools use teaching assistants: Findings from the Effective Deployment of Teaching Assistants project. School Leadership & Management, 33(1), 78-96.

Webster, R., Blatchford, P., Bassett, P., Brown, P., Martin, C., & Russell, A. (2010). Double standards and first principles: Framing teaching assistant support for pupils with special educational needs. European Journal of Special Needs Education, 25(4), 319-336.

Yulianti, Y. (2015). Peningkatan Prestasi Akademik Siswa Melalui Peran Orangtua dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 31-43.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Basyasyah, M. R., Ramadhan, M. G., Fathiarafa, M., Adila, N. D., Fadlila, S. E., & Nathanael, Y. (2024). Tuntaskan Misi KKN: Jejak Perubahan Positif di Masyarakat. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(2), 1–10. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4976

Issue

Section

Articles