Pengabdian KKN Tematik Mitra Pemda Kuningan Untuk Meningkatkan Pendidikan Proses Belajar Mengajar Anak Anak di Desa Gunungkeling
Keywords:
Learning Methods, Education, Fun-LearningAbstract
Pendidikan yang efektif dan interaktif merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas generasi berikutnya. Namun, metode pengajaran tradisional yang monoton, seperti membaca buku, seringkali tidak dapat menarik perhatian dan minat siswa. Akibatnya, siswa cenderung menjadi pasif, tidak bersemangat, dan kurang interaktif selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih inovatif dan interaktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Akibatnya, siswa cenderung menjadi pasif, tidak bersemangat, dan kurang interaktif selama proses pembelajaran. Sisdamas, atau Sistem Pemberdayaan Masyarakat, adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini untuk memecahkan masalah ini. Pendekatan ini berfokus pada mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung. Untuk mengumpulkan data, perilaku, keterlibatan, dan respons siswa diamati selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian dan kebiasaan belajar siswa berubah dengan baik. Namun, masalah awal seperti perilaku pasif dan kurangnya interaksi masih ada. Penelitian ini menekankan bahwa metode pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan dan latar belakang siswa serta digabungkan dengan kegiatan yang lebih interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada kebutuhan untuk dukungan tambahan dan inovasi dalam metode pembelajaran untuk membantu siswa mengejar ketertinggalan. Hal ini akan meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk generasi penerus yang lebih baik.
References
Munawara, M., & Iskandar, I. (2020). Implementasi pengabdian masyarakat melalui pelaksanaan dirasah islamiyah di desa tukamasea kabupaten maros. WAHATUL MUJTAMA': Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 174-184.
Kemal, I. (1941). Meningkatkan Pendidikan Proses Belajar Mengajar Anak-Anak Di Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Labuhan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (2), 634-640.
Utami, S. G. A., & Najicha, F. U. (2022). Kontribusi Mahasiswa Sebagai Agent of Change Dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila pada Kehidupan Bermasyarakat. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(3), 96–101.
Yunita Septi, D. A. D. (2021). Urgensi Pemenuhan Hak dan Kewajiban Warga Negara
Dalam Pelaksanaannya Berdasarkan Undang-Undang. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(12), 1–8.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.
Puput, H., & Saragih, E. (2023). Peran Mahasiswa KKN dalam Bidang Pendidikan di Desa Bahjoga Utara. Jurnal Program Studi PGMI, 10(2477-667X), 60–69.
Nur Fadhila, H. I., & Najicha, F. U. (2021). Pentingnya Memahami Dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204–212. https://doi.org/10.47080/propatria.v4i2.1303
Creswell, J. W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Design. Choosing Among Five Traditions. United States of America: SAGE.
Wulandari, D. (2016). Model Pembelajaran Yang Menyenangkan Berbasis Peminatan.
Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 851. https://doi.org/10.21067/jip.v6i2.1318
Mokhtar, N., Lim, Z. X., Lokman, H. F., & Che Mat, N. H. (2023). Theory, Literature Review, and Fun Learning Method Effectiveness in Teaching and Learning. International Journal of Social Science and Education Research Studies, 3(8), 1738-1744.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fahri Dwiatamal Hamdy, Apip Rudianto, Rahma Safitri, Rivaldi, Mukhamad Deni Anugerah Ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

