Pelatihan Pengembangan Strategi Pemasaran UMKM Melalui Marketplace di Desa Bojongkoneng
Keywords:
Bojongkoneng, Pengabdian, KKN, Program, MasyarakatAbstract
Pengadaan Pelatihan Pengembangan Strategi Pemasaran UMKM Melalui Marketplace di Desa Bojongkoneng merupakan sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Bojongkoneng dalam memanfaatkan platform marketplace sebagai saluran pemasaran. Dalam konteks perubahan lanskap bisnis yang semakin digital, pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang strategi pemasaran online, teknik pengelolaan toko virtual, serta optimisasi produk di marketplace. Metodologi yang di jalankan dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat adalah dengan menerapkan langkah-langkah pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat (Sisdamas). Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah peningkatan penjualan UMKM melalui platform online, serta penguatan kemampuan pelaku usaha dalam merespons dinamika pasar digital. Pada waktu sosialisasi yang telah dilaksanakan, ditemukan bahwa masyarakat belum mengetahui dan memahami cara memasarkan suatu produk dalam Marketplace, oleh karena itu dengan adanya pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan penjualan produk para pelaku usaha UMKM dan menjadi wawasan tambahan khususnya mengenai Marketplace.
References
Aliyah, Atsna Himmatul, “Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,” WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi 3, no. 1 (2022): 64–72, https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719.
Desiani, Anita et al., “Pemanfaatan Marketplace Shopee Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Pemasaran Kain Songket,” Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) 4, no. 2 (2021): 209, https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9222.
Mazruk, Nuri Aslami Sherina Said, “PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN SHOPPE DALAM BISNIS INTERNASIONAL,” Action Research Literate 6, no. 1 (2022): 50–55.
Nahisin, Ihsan, “Pelatihan Pengembangan Strategi Pemasaran UMKM Ranginang Ma On Melalui Marketplace,” Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang 3, no. 1 (2023): 1208–17.
Rahmadani, Nurul, Edi Kurniawan, and Maulana Dwi Sena, “Pemanfaatan Marketplace Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Usaha Ponsel,” Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat 1, no. 2 (2022): 189, https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i2.793.
Saputra, Harmawan Teguh, Ferda Maryatul Rif’ah, and Bayu Andrianto, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM,” Journal Economy Management Business and Entrepreneur 2, no. 1 (2023): 109–18, https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syaira Aulia Nadira, Asrul Muhammad Fadhlan, Muhammad Anwar Musaddad, Qothrun Nada Zakiyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.