PENINGKATAN KREATIVITAS SENI RAMAH LINGKUNGAN MURID SDN TEJA II MELALUI PROGRAM KERJA ECOPRINT
Keywords:
Ecoprint, Keterampiln, Bahan AlamAbstract
Ecoprint berasal dari dua kata yaitu eco yang berasal dari kata ekosistem (alam) dan print yang berarti mencetak. Jadi, Ecoprinting merupakan teknik pewarnaan kain dan mencetak pola dari bahan alam. Teknik ecoprinting diperkenalkan kepada siswa sekolah dasar kelas 3,4,5, dan 6, siswa sekolah menengah atas dan sederajat, karena pada usia ini anak sudah dapat memahami materi dan arahan guru serta mampu berpikir kritis dan kreatif. Manfaat dari kegiatan pengenalan ecoprinting adalah membekali siswa dengan pengetahuan tentang ecoprinting dan keterampilan dalam memanfaatkan potensi lokal melalui bahan alam atau tanaman di sekitar sekolah. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, demonstrasi, praktik dan evaluasi. Evaluasi menggunakan angket dan pengamatan langsung terhadap produk ecoprint yang dibuat siswa. Siswa mampu mencetak pola dan warna daun serta bunga pada kain untuk menghasilkan produk ecoprint dari hasil kreativitasnya. Untuk membuat ecoprint dibutuhkan media seperti daun dan bunga. Ecoprint ini dilakukan pada siswa kelas 3 SDN Teja II. Hasil proyek menunjukkan bahwa siswa kelas 3 SDN II.
References
Aida Rahmi, Tika Meldina dkk, Efek Game Online dalam Mempengaruhi Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar, AR:-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 6, No. 2, 2022.
Ayu Sri Menda, Pengembangan Kreativitas Siswa, Kabupaten Bogor: Guepedia Publisher, 2019
Desy Nurcahyanti, Ulfa Septiana, Handmade Eco Print as a Strategy to Preserve the Originalityof Ria Miranda’s Designs in the Digital Age, MUDRA Journal of Art and Culture Vol. 33, No. 3, 2018.
Diva Ariestya Prastica, Cindy Novella dkk, Pelatihan Pembuatan Ecoprint dengan Teknik Pounding dan Sosialisasi Kewirausahaan Desa Kauman dalam Upaya Pemanfaatan Potensi Alam untuk Meningkatkan Perekonomian. Vol. 5. No. 3. 2023.
Endi Rochaendi, Yusinta Dwi Ariyani dkk, Pelaksanaan KKN-Tematik: Mengoptimalisasi Disseminasi Pembangunan Perdesaan dan Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Pendidikan & Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 6. No. 1. 2024.
https://infodesateja.blogspot.com/2017/09/peta-potensi-desa-teja.html?m=1.
Idat Muqodas, Mengembangkan Kreatifitas Siswa Sekolah Dasar, Metodik Didaktik Vol. 9, No. 2, 2015
Isatul Hasanah, Menumbuhkan Jiwa Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis IT Pada Era Pandemi Covid-19, Jurnal of Education and Teaching Learning (JETL) Volume 03 No. 03, 2021
Ismi Anisa Nugraha, Muhamad Alwi Syahrial dkk, Optimalisasi Sadar Lingkungan Melalui Pemahaman Dan Pembiasaan Sadar Sampah Di Kampung Babakanrongga Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol: 3 No: 5.
Rizka Dwi Oktaviola, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Membudayakan Hidup Sehat Bagi Anak-Anak Untuk Mencagah Penyebaran Covid-19 Di Desa Ngeliman Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Vol 4. No. 1. 2021.
Sucipto, ”BPS Catat Anak Usia 0-18 Tahun Mendominasi Pasar Game Online”, https://nasional.sindonews.com/read/1392635/15/bps-catat-anak-usia-0-18-tahun-mendominasi-pasar-game-online-1717859173 diakses pada tanggal 11 september 2024.
Ulin Naini, Hasmah, Penciptaan Tekstil Teknik Ecoprint Dengan Memanfaatkan Tumbuhan Lokal Gorontalo, Jurnal Ekspresi Seni Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, VOL 23 NO. 1 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Islah Laelasari, Dwi Oktaviani, Hafizh Azhara Rihhadatul Aisyi , Muhamad Bagas Goval , Moch. Rifat Fahmi Qulyubi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.