"Implementasi Program Seminar Anti-Bullying untuk Meningkatkan Kesadaran dan Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar: Studi Kasus di SDN Cibulan, Desa Babakan, Kecamatan Ciparay

Authors

  • Nur aini UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sajidin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurrahmah Fitriantunnisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Nurhasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bullying, penelitian, seminar

Abstract

Kasus bullying merupakan perilaku yang marak terjadi di lingkungans ekolah dasar, baik secara langsung dengan bertatap muka maupun melaluim edia sosial. Salah satu upaya awal pencegahan dan penanganan perilakub ullying adalah dengan seminar edukasi dandukungan berbagai pihak. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan penelitian yang dilakukan terhadap para siswa kelas 4, 5 dan 6 SDN Cibulan, Desa Babakan,K ecamatan Ciparay. Penelitian dilaksanakan melalui kegiatan seminar dan observasi lapangan, yang melibatkan partisipasi aktif terutama anak-anak,orang tua, dan guru. Metode penelitian yang dilakukan adalah pendekatan sosial dan pendidikan melalui kegiatan seminar dan observasi lapangan, yang melibatkan partisipasi aktif terutama anak-anak, orang tua, dan guru. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah para siswa memahami perundungan dan memiliki kesadaran atas tindakan perundungan yange selama ini tanpa dasar mereka lakukan, meningkatnya pemahaman dank omitmen siswa, meningkatnya rasa empati dan kepedulian sosial siswa dan membantu siswa untuk membangun karakter positif, seperti sikap saling menghargai, keberanian untuk mengatakan yang benar, dan keinginan untuk menjaga kebersamaan.

References

Andreou E. 2000. Bully/victim problems and their association with psychological constructs in 8- to 12-year- old Greek schoolchildren. Aggress. Behav. 26:49–56

Bauman S, Del Rio A. 2006. Preservice teachers’ responses to bullying scenarios: comparing physical, verbal, and relational bullying. J. Educ. Psychol. 98:219–31

Butler D, Kift S, Campbell M. 2009. Cyber bullying in schools and the law: Is there an effective means of addressing the power imbalance? Murdoch Univ. Electron. J. Law. 16:84–114

Crick NR, Grotpeter JK. 1995. Relational aggression, gender, and social-psychological adjustment. Child Dev. 66:710–22

Darmayanti, Kusumasari K. H,, dkk. (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 17 (1).

Dewi, Putu Yulia A. (2020). Perilaku School Bullying pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 1 (1).

Juvonen J, Graham S, Schuster M. 2003. Bullying among young adolescents: the strong, the weak, and the troubled. Pediatrics 112:1231–37

Marini ZA, Dane AV, Bosacki SL. 2006. Direct and indirect bully-victims: differential psychosocial risk factors associated with adolescents involved in bullying and victimization. Aggress. Behav. 32:551–69.

Olweus D. 1983. Low school achievement and aggressive behavior in adolescent boys. In Human Development: An Interactional Perspective, ed. D Magnusson, pp. 3–21. San Diego, CA: Academic

Olweus D. 1996. Bullying at school: knowledge base and an effective intervention program. Ann. NY Acad. Sci. 794:265–76

Prihartono, Djakit dan Sintia Hastuti. (2019). Sosialisasi Penyuluhan Stop Bullying di SD Negeri 02 Lengkong Wetan Serpong Kota Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Perren S, Alsaker FD. 2006. Social behavior and peer relationships in victims, bully-victims and bullies in kindergarten. J. Child Psychol. Psychiatry 47(1):45–57

Peterson L, Rigby K. 1999. Countering bullying at an Australian secondary school with students as helpers. J. Adolesc. 22:481–92

Salmivalli C, Kaukiainen A, Kaistaniemi L, Lagerspetz KMJ. 1999. Self-evaluated self-esteem, peer-evaluated self-esteem, and defensive egotism as predictors of adolescents’ participation in bullying situations. Per-sonal. Soc. Psychol. Bull. 25:1268–78

Wang J, Iannotti RJ, Nansel TR. 2009. School bullying among adolescents in the United States: physical, verbal, relational, and cyber. J. Adolesc. Health 45:368–75

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Nur aini, Sajidin, Nurrahmah Fitriantunnisa, & Nurhasanah, S. (2024). "Implementasi Program Seminar Anti-Bullying untuk Meningkatkan Kesadaran dan Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar: Studi Kasus di SDN Cibulan, Desa Babakan, Kecamatan Ciparay. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(2), 1–10. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4810

Issue

Section

Articles