Peran Kegiatan Kkn Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Berkebutuhan

Authors

  • Az-Zahra Hadaina Hanifan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Arya Difa Maulana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Apriansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Raden Siti Fatimah Az-Zahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syima Asshofa Sholeha UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Kegiatan KKN, Kemampuan Motorik

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi peran kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan motorik anak-anak dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini menyelidiki bagaimana keterlibatan mahasiswa dalam proyek-proyek KKN berkontribusi pada pengembangan kemampuan motorik pada populasi khusus ini. Melalui kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini memeriksa berbagai program KKN dan dampaknya dalam meningkatkan keterampilan motorik halus dan kasar pada anak-anak dengan kebutuhan khusus. Temuan menunjukkan bahwa kegiatan KKN yang disesuaikan, termasuk latihan fisik terstruktur dan permainan interaktif, dapat secara signifikan meningkatkan perkembangan motorik. Keterlibatan mahasiswa tidak hanya membantu dalam pengembangan keterampilan anak-anak, tetapi juga membangun pemahaman dan empati yang lebih besar di kalangan calon profesional. Artikel ini menyimpulkan dengan rekomendasi untuk mengintegrasikan pengembangan keterampilan motorik dalam inisiatif KKN untuk memaksimalkan manfaat bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus.

References

Anggayu, N. 2022. PERANAN KOMUNIKASI PADA PROSES PEMBELAJARAN ANAK

BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi SLB

Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Bandar Lampung).

Budiman, A. Z., Saugani, A., Rachman, S. M., & Elia, S. R. 2023. Peran Mahasiswa KKN

UMJ dalam Kegiatan Melatih Motorik Halus Anak Sejak Dini. In Prosiding Seminar

Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Harahap, R., & Jaya, N. 2021. "Efektivitas Program Terapi Motorik dalam Meningkatkan

Keterampilan Motorik Anak Berkebutuhan Khusus". Jurnal Terapi dan Rehabilitasi,

(2), 123-135.

Luwes, U. H. G. 2020. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Berkebutuhan

Khusus Melalui Kegiatan Melempar Bola Pada Olahraga Boccia Dengan

Pendekatan Hots Di SMALB–D1 YPAC Surakarta. BEST Journal (Biology Education,

Sains and Technology), 3(2), 78-83.

Nugroho, G. B. (2022). Asesmen dan Intervensi Pendidikan Bagi Siswa Dengan

Hambatan Pendengaran. Psiko Edukasi, 20(1), 45-52.

Pratama, E. 2019. Pendidikan dan Terapi Motorik untuk Anak Berkebutuhan Khusus.

Jakarta: Penerbit Pendidikan Anak.

Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. N.p.: Syiah Kuala University Press, 2024.

Sari, R., & Putra, M. 2020. Strategi Terapi Fisik untuk Anak Berkebutuhan Khusus.

Yogyakarta: Penerbit Kesehatan.

Triayomi, R., Murwanto, P., Widyastuti, T., Sri, D., & Sasmita, V. D. A. 2024.

Mengembangkan Kreativitas Anak-Anak Berkebutuhan Khusus. Attractive:

Innovative Education Journal, 6(2), 239-252.

Wijaya, D., & Kurniawan, F. 2022. "Peran Aktivitas Edukatif dalam Pengembangan

Motorik Anak Berkebutuhan Khusus". Jurnal Pendidikan dan Psikologi Anak, 18(1),

-58

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Hadaina Hanifan, A.-Z., Difa Maulana, A., Apriansyah, M. ., Az-Zahra, R. S. F. ., & Sholeha, S. A. . (2025). Peran Kegiatan Kkn Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Berkebutuhan . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(9), 1–11. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4809

Issue

Section

Articles