Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Desa Cipaku
Keywords:
Pendidikan, Pemberdayaan Masyarakat, KKN Metode Sisdamas, Kualitas PembelajaranAbstract
Pendidikan memegang peranan penting dalam perkembangan individu dan masyarakat, baik secara personal maupun sosial. Di Desa Cipaku, tantangan dalam sektor pendidikan mencakup keterbatasan fasilitas dan metode pembelajaran. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 109 UIN Bandung, mahasiswa berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Nangela, TK Risalatul Falah, Madrasah Risalatul Falah, dan Madrasah Riyadul Falah Al-Furqan. Program pengabdian ini menggunakan metode Sisdamas, yang menekankan pemberdayaan masyarakat. Selama pelaksanaan KKN, mahasiswa terlibat dalam kegiatan mengajar dan edukasi dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran, meningkatkan keterlibatan siswa, serta mendekorasi lingkungan sekolah untuk meningkatkan minat belajar. Hasil pengamatan menunjukkan adanya perbaikan dalam kualitas pembelajaran dan interaksi siswa. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya dan fasilitas belajar, yang diatasi melalui upaya kreatif mahasiswa KKN. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi sistem pendidikan di Desa Cipaku.
References
Durkheim, E. (1893). The division of labor in society. New York: The Free Press.
Hidayat, R,. & Abdillah. (2019). Ilmu pendidikan: Konsep, teori, dan aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Salsabillah, H., & Agustian, N. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran.
Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123-133.
Suwendi, Basir, Wahyudi Jarot (Eds). (2022). Pengabdian Masyarakat. Jakarta : Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annisa Pratiwi Oktaviani, Rio Ansori, Roi Marzuki M, Sherly Esa Oktavini, Shiffa Nurul Muthia, Muhammad Riza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.