Sosialisasi Program Anti-Bullying dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa/i SDN Teja 1 Terhadap Perilaku Bullying

Authors

  • Dede Siti Purlina UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hedi Wildan Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Gilang Alfariz Andiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rahma Nurlaila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wandani Isnaeni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aziz Sholeh UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

bullying, Sekolah, Kesadaran

Abstract

Bullying adalah segala bentuk kekerasan yang dilakukan secara berulang-ulang atau terus menerus yang biasanya melibatkan ketidakseimbangan kekuatan antara pelaku dan korban, yang dapat terjadi di berbagai lingkungan. Sekolah menjadi salah satu tempat yang kerap kali terjadi kasus pembullyan. Bullying terjadi dalam berbagai bentuk baik itu fisik,verbal, psikologis dan cyber. Dampak bullying ternyata bukan hanya dialami oleh korban saja melainkan pelaku pun akan ikut merasakan dampak negatifnya. Maka perlu suatu upaya untuk meningkatkan kesadaran bagi siswa/i mengenai bahayanya perilaku bullying. Berdasarkan latar belakang tersebut, Kelompok 2 KKN Tematik Majalengka UIN Sunan Gunung Djati Bandung melakukan suatu program sosialisasi Anti Bullying di SDN Teja 1 yang bertepat di Desa Teja, Kec. Rajagaluh Kab. Majalengka. Sosialisai dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran siswa/i terhadap perilaku bullying yang mana dengan begitu diharapkan dapat mengurangi kasus bullying di lingkungan sekolah. Masih banyak sekali siswa/i yang belum bisa membedakan apakah perilaku-perilaku yang biasa dijadikan bahan candaan oleh anak sekolah tersebut termasuk ke dalam perilaku bullying atau tidak sehingga dalam program ini kami memberikan pemahaman terhadap siswa/i melalui materi dan penayangan video animasi guna bisa dipahami dengan mudah. Adapun hasil dari kegiatan ini siswa/i dapat mengetahui mengenai bentuk bullying dan cara mencegah tindakan bullying.

References

Agustina Wulan, Murtana Agus, Handayani Sri. 2022. “Pendampingan Siswa Dalam

Upaya Pencegahan Bullying Di Sekolah.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

(JPKM) - Aphelion 4 (Desember): 603–8. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM.

Kartika, Kusumasari, Hima Darmayanti, and Farida Kurniawati. 2019. “Fenomena

Bullying Di Sekolah: Apa Dan Bagaimana?” Pedagogia 17 (1): 55.

https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980.

Lusiana, Siti Nur Elisa Lusiana, and Siful Arifin. 2022. “Dampak Bullying Terhadap

Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak.” Kariman: Jurnal Pendidikan

Keislaman 10 (2): 337–50. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.252.

Nahuda, Nahuda, Andriyani Andriyani, and Mugiyono Mugiyono. 2023. “Pendidikan

Anak Perspektif Pendidikan Islam Terhadap Fenomena Bullying Di Lingkungan

Sekolah.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 8 (1): 32.

https://doi.org/10.30998/sap.v8i1.15180.

Putri, Elsya Derma. 2022. “Kasus Bullying Di Lingkungan Sekolah : Dampak Serta

Penanganannya.” Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian 10:

–30.

Sukmawati, Indah, Alfadha Henryan Fenyara, Arief Fadhilah Fadhilah, and Chahya

Kharin Herbawani. 2021. “Dampak Bullying Pada Anak Dan Remaja Terhadap

Kesehatan Mental.” Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat 2021 2

(1): 126–44.

Yuyarti. 2018. “Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter.” Jurnal Kreatif 9 (1):

–57

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Dede Siti Purlina, Hedi Wildan Nugraha, Muhamad Gilang Alfariz Andiana, Rahma Nurlaila, Wandani Isnaeni, & Aziz Sholeh. (2024). Sosialisasi Program Anti-Bullying dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa/i SDN Teja 1 Terhadap Perilaku Bullying. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(9), 1–9. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4777

Issue

Section

Articles