MOTIVASI BELAJAR GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN: STUDI KASUS DESA TENJOLAYA KECAMATAN KASOMALANG

Authors

  • Anastasyia Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dika Rizki Akbari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Hasanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Putri Nur Azizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Motivasi, Pendidijan, Pengabdian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana motivasi belajar guna meningkatkan kualitas pendidikan pada kasus Desa Tenjolaya Kecamatan Kasomalang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui melalui melibatkan diri secara langsung dalam masyarakat, melakukan observasi, wawancara dan berinteraksi dengan para informan untuk memahami secara komprehensif permasalahan yang ada. Dimulai dengan bagaimana kami membahas program KKN Sisdamas, Yaitu peningkatan kualitas pendidikan pada kasus Desa Tenjolaya Kecamatan Kasomalang hingga menjalankan empat siklus KKN Sisdamas. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa selama siklus yang dilalui program ini mengidentifikasi tantangan utama seperti rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan serta kurangnya fasilitas yang mendukung proses belajar dan mengajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam konteks pendidikan, kegiatan yang dilakukan memiliki hasil yang sangat memuaskan sehingga memberikan lebih dalam terkait masalah dan potensi pendidikan di Desa Tenjolaya Kecamatan Kasomalang. Secara teoritis penelitian ini diharapkan memiliki implikasi manfaat bagi kajian awal tentang bagaimana motivasi belajar guna meningkatkan kualitas pendidikan pada kasus Desa Tenjolaya Kecamatan Kasomalang. Secara praktis, penelitian ini diharapkan memiliki implikasi manfaat untuk perkembangan kajian tentang bagaimana motivasi belajar guna meningkatkan kualitas pendidikan pada kasus Desa Tenjolaya Kecamatan Kasomalang.

References

Rahman S. “Pentingnya Motivasi Belajar

dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” In

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar: Menyambut Era Masyarakat 5.0

(2021).

Somad, M. “Pentingnya Pendidikan

Agama Islam dalam Membentuk

Karakter Anak.” Qalamuna: Jurnal

Pendidikan, Sosial, dan Agama 13, no. 2

(2021): 171-186.

https://doi.org/10.37680/qalamuna.v1

i2.882.

I. K. Wati, D. Marsela, D. K. Nurisa, F. L.

Dinata, and N. Aulia, “Pengabdian

Masyarakat Membantu Meningkatkan

Motivasi Belajar Bahasa Inggris Anak

pada Masa Pandemi COVID-19 di Desa

Gunung Raja Kecamatan Sungkai Barat

Kabupaten Lampung Utara,” Jurnal

Griya Cendikia (2022).

Ibrahim, I., Sukmawati, S., Kahar, M. S.,

Wahyudien, M. A., Sosir, B. M., and Putri,

M. R. “Sosialisasi Peningkatan Motivasi

Minat Belajar bagi Siswa-Siswi SMP

Usdatara Kota Sorong.” Jurnal GEMBIRA

(Pengabdian Kepada Masyarakat)

(2023).

Hermanto, Sri Hidayah, dan Uswatun

Hasanah. "Pendampingan Motivasi

Belajar Siswa melalui Penggunaan Ice

Breaking dan Media Visual di MI

Islamiyah Bumijaya." Jurnal Penelitian

dan Pengabdian Masyarakat (2023).

Diakses dari

https://sunanbonang.org/index.php/jp

m

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Anastasyia Putri, Dika Rizki Akbari, Nur Hasanah, & Putri Nur Azizah. (2025). MOTIVASI BELAJAR GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN: STUDI KASUS DESA TENJOLAYA KECAMATAN KASOMALANG. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(9), 1–13. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4773

Issue

Section

Articles