Edukasi Sampah pada Siswa Sekolah Dasar Sari Malaka melalui Program Berbasis Pengabdian Masyarakat
Keywords:
Edukasi sampah, sekolah dasar, pengabdian masyarakatAbstract
Kesadaran akan sampah menjadi isu krusial yang perlu diedukasi sejak dini, termasuk di kalangan siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan literasi sampah pada siswa SDN Sarimalaka melalui program edukasi berbasis masyarakat. Program ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai pengelolaan sampah yang benar, mulai dari pemilahan sampah hingga dampaknya terhadap lingkungan.
Metode yang digunakan adalah metode pengabdian, dimana melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai kegiatan edukasi. Kegiatan meliputi sosialisasi interaktif, permainan edukatif yang menyenangkan, dan aksi nyata membersihkan lingkungan sekolah. Selain itu, untuk memperkuat pemahaman siswa, program ini juga melibatkan pembuatan tong sampah yang dikategorikan berdasarkan jenis sampah.
Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Siswa tidak hanya mampu mengidentifikasi jenis-jenis sampah, tetapi juga menunjukkan perilaku proaktif dalam memilah sampah. Lebih jauh lagi, program ini berhasil menciptakan budaya sekolah yang lebih peduli terhadap lingkungan.
References
Alfiqri, Yudha, Shafira Madani Tanjung, Muhammad Reza Saputra, Elsa Maudy Rohman, Putri Meilita Wulandari, Khoiri Indah Triani, Angelica Cesaria Dyah Ayu Puspitasari, et al. “Penerapan Pengolahan Sampah Organik Berkelanjutan Dengan Teknologi Biopori Budaya Gawe Jugangan Sampah Organik (BYGJUSO).” Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) 5, no. 1 (2024): 50–58. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21391.
Dan, Tantangan, Peluang Pelaksanaan, Fakultas Syariah, U I N Sunan, Gunung Djati, Fakultas Dakwah, U I N Sunan, et al. “7*) 1),” 1980.
Fauzi, Husni, Yayan Hendayana, Nurul Rahmah, Berliana Febrianti, Adela Rizkha, Diana Noviyanti, Evi Permatasari, et al. “Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Di Desa Srimukti Kabupaten Bekasi.” SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia 3, no. 3 (2023): 155–66. http://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/safari/article/view/722%0A.
Hidayat, R. (2021). Dampak pencemaran plastik terhadap kualitas tanah dan air. Jurnal Lingkungan dan Kesehatan, 14 (2), 45-60.
Ismail, A. (2019). Pendidikan lingkungan untuk anak-anak: Pendekatan dan implementasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 18 (3), 75-90.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (2022). Laporan tahunan pengelolaan sampah Indonesia.
Muniarty, Puji, Wulandari Wulandari, Aliah Pratiwi, and M Rimawan. “Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima.” Journal of Empowerment 2, no. 2 (2022): 172. https://doi.org/10.35194/je.v2i2.1586.
P. Muniarty, W. Wulandari, A. Pratiwi, and M. Rimawan, “Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima,” J. Empower.
Setiawan, D. (2022). Efektivitas program edukasi sampah berbasis aksi nyata di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Lingkungan, 20 (1), 23-35.
Susantiningrum, Erika Dhantylistyanti Ariyanti, M. Mumtazul Fikri Nurfiansyah, and Nadya Elvira. “Penyuluhan Pemilahan Sampah Melalui Program KKN.” Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 2 (2021).
Sutrisno, S. (2020). Kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah: Studi kasus di daerah perkotaan. Jurnal Studi Sosial, 11 (4), 101-115.
World Bank Group. (2023). Global waste management report.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohamad Restu Yahsi Al Rasyid, Naila siti nabila, Raihana Putri saumi, Cindy Aulia, Fega Yudistira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

