PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: IMPLEMENTASI “STOLEN LEARNING ENGLISH” UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR DESA KASOMALANG KULON
Keywords:
Pendidikan, Teknologi, Bahasa Inggris, Pengabdian, KKNAbstract
Pendidikan sebagai dasar utama untuk memperoleh perkembangan
ekonomi, sosial, dan budaya yang berkelanjutan. Program Kuliah Kerja Nyata
(KKN) kelompok 386 Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang
bertempatkan di Desa Kasomalang Kulon manifestasi aktual dari kepedulian
ini yang menggambarkan peran pentingnya dalam mendukung Pendidikan.
Selama melaksanakan program KKN kegiatan mengajar menjadi sarana
utama untuk berpartisipasi pada pertumbuhan Pendidikan di Desa
Kasomalang Kulon. Mahasiswa KKN 386, berfokus mengajar Pendidikan
terutama bahasa Inggris, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
bahasa Inggris anak-anak Sekolah Dasar di Desa Kasomalang Kulon, serta
meningkatkan nilai-nilai sosial anak di Masyarakat. Anak-anak harus
memahami betapa pentingnya Pendidikan dalam membentuk generasi yang
memiliki kemampuan Bahasa asing di era globalisasi, terutama bahasa
Inggris untuk bekal di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif yang diterapkan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang
diperoleh dari observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
kelompok KKN 386 berhasil meningkatkan pemahaman bahasa Inggris serta
penerapan nilai-nilai sosial peserta didik.
References
-Article Text-63149-1-10-20231008. (n.d.).
’Adegoke, B., & ’Oni, A. (2015). Teacher Education Systems in Africa in the Digital are (B.-O. A. Adegoke, Ed.). CODERSIA.
Azmi, N. (2017). The Benefits of Using ICT in the EFL Classroom: From Perceived Utility to Potential Challenges. Journal of Educational and Social Research, 7(1), 111–118. https://doi.org/10.5901/jesr.2017.v7n1p111
Dockstader, J. (1999). Teachers of the 21st century know the what, why, and how of technology integration. THE Journal, 26(6), 73–74.
Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Pengembangan Model Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT dalam Pembelajaran PJOK Pada Guru SD Negeri Se-Kecamatan Seluma Development Of An Ict-Based Audio-Visual Learning Media Model In PJOK For Elementary School Teachers In Seluma. 2(1), 60–69. https://doi.org/10.33369/gymnastics
Puspitaloka, N., Karlina Ambarwati, E., Purnama Dewi, I., & Kamalia Hakim, P. (2023). SOSIALISASI PENERAPAN TEKS DIGITAL INTERAKTIF BAGI KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS ANAK SEKOLAH DASAR. 7.
Rusmiati Aliyyah, R., Septriyani, W., Safitri, J., & Nur Paridotul Ramadhan, S. (2021). KULIAH KERJA NYATA: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN PENDIDIKAN. 5(2), 663–676. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4122
Santosa, I., Nurkhamidah, N., & Arianti, T. (n.d.). TREN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SEKOLAH DASAR.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Daffa Rhauda Fadillah, Rifky Maulana, Thasyalina Amarthalia, Tisa Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.