Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dan Peran Mahasiswa Dalam Kegiatan KKN Mengajar Mengaji Desa Waluya Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Authors

  • Vita Desiana Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alfidh Ardiyansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Susanti Ainul Fitri UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Madrasah, Keagamaan, Pendidikan Anak Usia Dini, Pengabdian Masyarakat, KKN, Masyarakat

Abstract

Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) adalah lembaga pendidikan nonformal yang bertujuan untuk mengajarkan anak-anak tentang dasar-dasar agama Islam, khususnya membaca dan memahami Al-Qur'an, dengan tujuan mengajarkan keterampilan membaca Al-Qur'an kepada individu mulai dari usia taman kanak-kanak hingga tingkat pendidikan menengah atas. Mahasiswa KKN di Kp. Kebon Kapas Kulon Desa Waluya mencoba meningkatkan minat membaca Al-Qur’an untuk peserta didik di madrasah Nurul Athfal. Metode pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan survey lokasi madrasah dan berkoordinasi dengan pengurus madrasah Nurul Athfal untuk menanyakan sistem pengajaran di madrasah dan jadwal pengajaran yang sudah ditetapkan di madrasah. Jumlah anak yang terdapat di madrasah Nurul Athfal sekitar 53 Anak dengan 41 anak berada di tingkatan iqra dan 12 orang berada di tingkatan Al-Qur'an, sedangkan jumlah gurunya hanya 1 orang. Sebelum membaca Iqro atau Al-Qur'an, santri diperintahkan untuk membaca surah-surah pendek dalam Al-Qur'an agar lancar membacanya. Untuk santri yang sudah membaca Al-Qur’an setelah mengaji dilanjutkan belajar kitab kuning, Sebelum pulang anak-anak diharuskan membaca nadoman bersama sama. Maka dari itu pembelajaran membaca Al-Quran menjadi salah satu program kerja Mahasiswa KKN di Kp. Kebon Kapas Kulon Desa Waluya untuk menjadikan anak-anak yang baik akhlaknya serta dapat menjadi salah satu generasi emas yang paham akan keagamaan.

References

Faizah, M., Qoirot, S. B., & Nasirudin, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur'an Santri TPQ Al Mustaqimdengan Bimbingan Fashohatul Lisan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Keagamaan, Vol. 1, No(2774–7964), 38–41.

Halim, A., Zamroni, A., Ahdi, W., & Shobirin, M. S. (2022). Pembelajaran Al- Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an Roudlotul Tholabah Dusu Jemparing Desa Pakel. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 50–54.

Srijatun. (2017). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur'an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal. Srijatun UIN Walisongo Semarang Pendahuluan Usia dini merupakan periode awal yang paling penting dan mendasar dalam sepanjang. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 25–42.

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Putri, V. D., Ardiyansyah, A., & Fitri, S. A. (2025). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dan Peran Mahasiswa Dalam Kegiatan KKN Mengajar Mengaji Desa Waluya Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(9), 1–9. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4630

Issue

Section

Articles