Peran Aktif Mahasiswa KKN UIN Bandung pada Bidang Pendidikan di Dusun 1 Desa Tangsimekar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran aktif mahasiswa KKN UIN Bandung dalam meningkatkan pendidikan di Dusun 1 Desa Tangsimekar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan sisdamas. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa mahasiswa KKN berkontribusi dalam berbagai aspek pendidikan, termasuk penyuluhan, bimbingan belajar, dan pengembangan keterampilan bagi anak-anak di Dusun 1 Desa Tangsimekar. Intervensi ini tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap motivasi dan partisipasi anak-anak. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi program KKN di masa mendatang dan mendorong kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat dalam bidang pendidikan.
References
Alhamda, S. (2018). Buku Ajar Metlit dan Statistik. Yogyakarta: Deepublish.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Najah, T. S., Pebrianti, I., Rifaat, H., Kamaliah, U., Irawan, R., Hidayatulloh, R., . . . Adisty, L. (2023). Peran Mahasiswa KKN Dalam Membantu Kegiatan Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Desa Tahai Baru. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4193-4200.
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 473-480.
Walidaeni, A. N., & Akbar, R. T. (2021). Pendampingan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kampung Maripati Rt 01 Rw 01 Desa Maripati. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhamad Rizky Pratama, Lestari Mardiana, Muhammad Zidan Kurniawan, Syauqi Zain Junaedi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

