Penerapan Teknologi Digital dalam Menertibkan Administrasi Masyarakat RW 06 Desa Curugrendeng

Authors

  • Alfiyanti Dwi L Uin Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alfiyanti Dwi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rd Nadhif Muhammad Irsyad UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Taufik Haidar Ramdani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nano Nurdiansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Ketimpangan administrasi dan salah sasarannya bantuan pemerintah menjadi masalah utama di Desa Curugrendeng. Untuk mengatasi hal tersebut, mahasiswa kelompok 363 KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung melakukan program digitalisasi administrasi dengan membangun situs web yang menampilkan data seperti kepala keluarga, nomor rumah, dan peta wilayah. Selain karena ketidakmerataan bantuan kami juga membuat webite agar adanya tertib dalam data administrasi masyarakat. Untuk menjamin keakuratan dan penerapan data, strategi pengumpulan data dilakukan dengan cara door to door dan wawancara langsung di RW 6. Data yang diperoleh kemudian dimasukkan ke dalam platform elektronik untuk meningkatkan penyaluran bantuan dan mempererat tali silaturahmi antara masyarakat dengan pengawas bantuan sosial.

References

Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 81-90.

Pasolong, H. (2014). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Silalahi, U. (2013). Studi Tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-08

How to Cite

Dwi L, A., Alfiyanti Dwi, Rd Nadhif Muhammad Irsyad, Taufik Haidar Ramdani, & Nano Nurdiansyah. (2024). Penerapan Teknologi Digital dalam Menertibkan Administrasi Masyarakat RW 06 Desa Curugrendeng . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(7), 1–11. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4470

Issue

Section

Articles