Integrasi Bahasa Arab dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Video Digital

Authors

  • Sephia Dea Putri Fatimah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sabilani Adilah Al Mardiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bahasa Arab, Matematika, Media Pembelajaran, Video Digital.

Abstract

Penelitian ini membahas integrasi pembelajaran bahasa Arab dengan Matematika melalui penggunaan media pembelajaran berbasis video digital di kelas IV MI Al Fath Cisalak. Di era digital, penggunaan media pembelajaran interaktif menjadi sangat penting untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Integrasi antara bahasa Arab dan Matematika dapat memperkaya pemahaman siswa terhadap kedua bidang tersebut, terutama bagi siswa dengan latar belakang pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab, meningkatkan konsep matematika, serta memperkenalkan media pembelajaran menarik yang belum pernah mereka pakai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan data yang dikumpulkan dari penelitian lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun media video digital memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman siswa, penerapannya di MI Al Fath belum sepenuhnya berhasil. Hambatan utama meliputi ketidakbiasaan siswa menggunakan media video dan keterbatasan fasilitas sekolah, seperti tidak tersedianya infokus. Penelitian ini menyarankan perlunya penyesuaian lebih lanjut dalam penggunaan media pembelajaran serta peningkatan fasilitas untuk mendukung integrasi yang lebih efektif antara bahasa Arab dan Matematika.

Downloads

Published

2024-12-08

How to Cite

Sephia Dea Putri Fatimah, & Sabilani Adilah Al Mardiyah. (2024). Integrasi Bahasa Arab dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Video Digital. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(7), 1–14. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4462

Issue

Section

Articles