Peran MDTA AL-Lain dalam Membentuk Karakter Islami Anak Usia Dini
Keywords:
Usia Dini, Pendidikan, Islami, KarakterAbstract
Pendidikan karakter pada usia dini adalah aspek fundamental dalam pembentukan individu, terutama dalam konteks pendidikan Islam. Pada usia dini, anak-anak memiliki kemampuan tinggi dalam menyerap informasi dan meniru perilaku di sekitarnya. Oleh karena itu, pendidikan karakter sejak usia dini sangat penting untuk memberikan landasan moral dan spiritual yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran MDTA Al-Lain dalam pembentukan karakter Islami pada anak usia dini serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif interdisipliner, menggabungkan ilmu agama dan ilmu sosial untuk menilai efektivitas metode pembelajaran dan dampaknya terhadap karakter anak. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara di MDTA Al-Lain, yang mencakup proses pembelajaran, dukungan lingkungan sosial, serta tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MDTA Al-Lain memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter Islami anak-anak, dengan metode pembelajaran yang melibatkan pendekatan interaktif dan praktik langsung. Dukungan dari lingkungan sosial, termasuk keluarga dan masyarakat, juga berkontribusi pada keberhasilan pendidikan karakter. Namun, terdapat tantangan seperti metode pengajaran yang monoton yang mengurangi minat anak-anak. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran, seperti penggunaan cerita Islami, permainan edukatif, dan multimedia, untuk meningkatkan efektivitas pengajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan dan metode pembelajaran di MDTA Al-Lain.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hayfa Fridatul Jannah, Muhammad Najieb Fachry, Tiara Novita Rahmadani, Hajir Tajiri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

