Keefektifan Metode Baghdadiyah Terhadap Aktivitas Belajar Anak dalam Bidang Baca Tulis Qur’an
Keywords:
Al-Qur’an, BaghdadiyahAbstract
Sebagai manusia yang diciptakan oleh yang maha kuasa maka akan kembali lagi kepada yang maha kuasa. Oleh karena itu kemampuan Membaca Al-Qur’an sebagai tahap awal perjalanan manusia untuk menuju yang maha kuasa. Dengan demikian setiap orang harus mampu membaca Al-Qur’an mulai sejak dini sehingga menjadi sebuah bekal untuk melangkah ke kehidupan selanjutnya. Suatu permasalahan datang dari anak-anak dalam bidang baca tulis Qur’an di Kp. Cikereti RT/RW 002/003 Desa Sukamaju Kec. Cibeber Kab. Cianjur. Pengabdian ini bertujuan untuk memperbaiki bacaan dan cara mengeja anak-anak terhadap Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu dengan mengikuti langkah-langkah pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat (Sisdamas) yang di keluarkan oleh Tim Pusat Pengabdian LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yaitu siklus I hingga IV. Pengabdian ini berhasil membuat anak-anak mengalami perubahan dalam pembacaan Al-Qur’annya
References
Al-Qaththan M.S. Pengantar Studi Ilmu Al-quran, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2006, hlm. 3)
Ahmad Hasyim Fauzan, “Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Sebagai Upaya Peningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran.”dalam Ar-Risalah, Vol. XIII No.1.
Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatu Al-aulaad fi Al-Islam, terj. Jamaluddin Miri, Jilid II, (Jakarta: Pustaka Amani, Cet. II, 1999), h. 378.
Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatu Al-Aulaad …, h. 380.
Suharsono, Mencerdaskan Anak Sejak dalam Rahim Ibu Hingga Remaja, Cet. I, (Jakarta: Umma Publishing, 2009), h. 91.
Junaidi, Metode Pembelajaran Baca Tulis Alquran 1 dan 2 (Jakarta: Halaman Moeka Publishing, 2014), h. 48
Chabib Thoha, Metodologi Pengajaran Agama, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999), h. 43
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Marlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.