Pengaruh Prosody Terhadap Daya Ingat Membaca Siswa
Kata Kunci:
prosodi, daya ingat membaca, siswa sekolah dasar, pembelajaran membaca, intervensi pendidikanAbstrak
Kemampuan membaca merupakan keterampilan dasar yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, dan prosodi diketahui memiliki peran penting dalam meningkatkan pemahaman dan daya ingat membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh prosodi terhadap daya ingat membaca siswa sekolah dasar. Metode penelitian melibatkan dua kelompok siswa kelas 4 dan 5, dengan kelompok eksperimen mendapatkan intervensi prosodi selama satu semester, sementara kelompok kontrol tidak mendapatkan intervensi serupa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam skor daya ingat membaca dibandingkan dengan kelompok kontrol. Rata-rata skor daya ingat membaca pada kelompok eksperimen meningkat dari 65.4 menjadi 78.6, sedangkan kelompok kontrol hanya meningkat dari 66.2 menjadi 68.4. Feedback dari guru dan siswa menunjukkan bahwa metode prosodi mudah diimplementasikan dan meningkatkan keterlibatan serta minat siswa dalam pembelajaran membaca. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa prosodi dapat memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap daya ingat membaca siswa. Implikasi hasil penelitian ini adalah pentingnya integrasi metode prosodi dalam kurikulum pembelajaran membaca serta perlunya pelatihan guru untuk mengoptimalkan penggunaan prosodi dalam proses pengajaran. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi aspek lain dari prosodi dan melakukan studi longitudinal untuk mengamati efek jangka panjang.
Referensi
Ashby, J., Martin, A. E., & Sullivan, M. (2022). The role of prosody in reading comprehension: An eye-tracking study. Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition, 48(3), 456-469.
Kuhn, M. R., & Stahl, S. A. (2017). Fluency: Developmental and remedial practices. In D. E. Alvermann, N. J. Unrau, & R. B. Ruddell (Eds.), Theoretical Models and Processes of Literacy (6th ed., pp. 385-411). International Reading Association.
Miller, J., & Schwanenflugel, P. J. (2018). Prosody's contribution to fluency: An examination of components. Reading Research Quarterly, 53(4), 424-439.
National Assessment of Educational Progress (NAEP). (2020). Reading Assessment. Retrieved from
OECD. (2018). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing.
Rasinski, T., Rupley, W. H., & Nichols, W. D. (2016). The fluent reader in action: Strategies for building oral reading fluency grades K-8. Guilford Publications.
Whalley, K., & Hansen, J. (2019). The role of prosody and intonation in reading fluency development. Educational Psychology Review, 31(1), 163-180.
Wolf, M., & Katzir-Cohen, T. (2019). Reading fluency and its intervention. Scientific Studies of Reading, 13(4), 318-344.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Indra Rahmadani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

