Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan di Desa Mekarsari Kecamatan Karangpawitan
Keywords:
Pemberdayaan, Pendidikan, KKNAbstract
Pendidikan adalah salah satu dari banyak upaya kita sebagai masyarakat untuk menyelesaikan keterpurukan yang terjadi di Negara kita yaitu Indonesia. Dengan seseorang menempuh pendidikan maka dia telah melalui masa kebodohannya dengan ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman betapa pentingnya pendidikan kepada masyarakat RW 02 Desa Mekarsari. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode participant active, dimana para peserta didik yang kami ajarkan dituntut untuk aktif secara kognitif maupun motorik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan yang dilaksanakan di Desa Mekarsari menunjukkan hasil yang baik. Dimana semua peserta didik yang mengikuti program ini semakin semangat belajar ketika mengikuti program ini dan kami mendapatkan respon positif dari semua pihak.
References
UNNES.2020. Pengaruh bimbingan belajar secara luring dan daring di masa pandemic covid-19 terhadap hasil belajar siswa di kecamatan Banjarnegara
https://dispendik.mojokertokab.go.id/artikel-pentingnya-pendidikan-bagi-masa-depan/
Miftah Nurul Annisa, dkk. 2020. Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital., Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains
Fuji Nengsih. 2018. Penerapan strategi make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN 005 Konto Senjato Kecamatan Senjato Raya. Riau : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Ahmad Bramiarto. 2018. Pengaruh implementasi metode pembelajaran market place activity (MPA) terhadap penguasaan materi PAI makanan dan minuman halal-haram kelas 8 di smp negeri 26 surabaya. Surabaya : UIN Sunan Ampel Surabaya
Triastuti Handayani, Mujasam, Dkk. 2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik. Papua Barat : Jurnal Curricula
Damanik Efratani sarinton. 2019. Pemberdayaan masyarakat desa sekitar kawasan hutan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
Alhamid Thalha dan Anufia Bundur. 2019. Resume: Instrumen Pengumpulan Data. Sorong: STAIN Sorong
Hasanah Aan, Arifin Samsul Bambang, Dkk.2021. Landasan Teori Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Agama Islam. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati
Sholichah Siti Aas. 2018. Teori-teori Pendidikan Dalam Al-Quran. Bogor: Institut Perguruan Tinggi Al-Quran
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dita Salsabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.