Pendampingan Pembelajaran Daring Anak Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Cisurupan Rt3 Dan Rt2

Authors

  • Juniar Dwina Sari 1Prorgram Studi Aqidah Filsafat Islam, Fakultas Ushuludin, Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung
  • Moh Hamdi Alfian 2Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung
  • Novita Markodinah Program Studi Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung
  • Akmalia Agustiningrahma Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farhan Mahendra Program Studi psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung
  • Endah Ratna Sonya Universitas Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Daring

Abstract

Covid-19 telah menyebar ke seluruh dunia dan berdampak pada sektor pendidikan. Kegiatan pengabdian kemasyarakat dalam rangka mewujudkan Tri Darma perguruan Tinggi. Program kerja KKN-DR Sisdamas dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 di kelurahan Cisurupan. Pandemi Covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional. Pembelajaran secara daring adala salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan pnelitian adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring. Subjek pengabdian adalah mahasiswa dari berbagai prodi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik rendom sampling dengan populasi siswa SD/sederajat di  desa Cipulus RT3 dan RT2. Hasil yang diperoleh yaitu pembelajaran menggunakan teklogi informasi setiap harinya.  Anak- anak SD/sederajat  di desa Cipulus RT3 dan RT2 merasa kurang mememahami sepenuhnya materi yang disampaikan melalui fasilitas teknologi informasi. Evaluasi metode pembelajaran melalui teknologi informasi perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

References

Dian Sulistyaningrum, Rosyid Ridlo Al Hakim. (2020). Pendampingan Pembelajaran Siswa Melalui Teknologi Informasi Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN Tematik Covid-19. ANDASIH Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 1, No. 2.

Hilna Putria, Luthfi Hamdani Maula, Din Azwar Uswatun. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 4 No 4.

Wahyu Aji Fatma Dewi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementai Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF :Jurnal Ilmu Pendidikan Vol.02, No.1,

Sudardi, Trapsilo Prihandono, sugianto,heni ruspitawati. (2021) Pendampingan belajar daring dimasa pendemi covid-19 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa didesa walikukun, kecamatan widodaren, kabupaten ngawi provinsi jawa timur. jurnal pendidikan dan pengabdian masyarakat.vol.02 no.01

Nur Zaini. Dan Nikmatul Khori, Pendampingan Pembelajaran Daring Terhadap Peserta Didik SD/MI Di Desa Guci Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif. TA’AWUN Jurnal pengabdian kepada masyarakat Vol.1 No.1 2021

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Sari, J. D., Alfian, M. H., Markodinah, N., Agustiningrahma, A., Mahendra, F., & Sonya, E. R. (2021). Pendampingan Pembelajaran Daring Anak Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Cisurupan Rt3 Dan Rt2. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(27), 103–116. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/314

Issue

Section

Articles