4 Peran Mahasiswa KKN dalam Bidang Pendidikan di Mts Al-Mukhtariyah Mande
Keywords:
Fun-Learning, Metode pembelajaran, PendidikanAbstract
Pendidikan adalah fondasi yang kuat dalam pembentukan masa depan suatu bangsa dan ini merupakan kunci untuk adanya peluang bagi semua kalangan serta memiliki dampak yang kuat untuk masyarakat dalam membantu menciptakan masyarakat yang lebih maju dan berdaya. Dengan banyaknya sektor pendidikan di desa mekarmukti. Hal ini menarik perhatian kelompok KKN 255 Sisdamas untuk membuat program dibidang pendidikan yaitu pada satu sekolah Mts Al-Mukhtariyah Mande untuk melaksanakan salah satu program yang telah kami rancang. Metode yang digunakan untuk mengimplementasikan Kegiatan Belajar Mengajar ini adalah metode observasi dan Sisdamas (Sistem Pemberdayaan Masyarakat). Hasil dari implementasi kegiatan belajar mengajar di Mts Al-Mukhtariyah Mande dapat dilihat dari berbagai aspek, yaitu personalitas dan kebiasaan siswa dalam belajar. Pada studi Bahasa Inggris mayoritas siswa tidak mempelajari pelajaran tersebut secara formal di tingkat sekolah dasar namun mereka baru mempelajarinya ketika memasuki bangku kelas 7 sehingga itu mnejadi tantangan bagi kami dalam proses belajar mengajar di sekolah, lalu pada proses kegiatan belajar mengajar para siswa cenderung pasif, kurang bersemangat, dan kurang interaktif saat pembelajaran berlangsung. Hal ini besar dipicu karena latar belakang sebagian dari mereka yang merupakan seorang santri dengan kegiatan yang lebih padat dibandingkan siswa umumnya. Berdasarkan fenomena tersebut mahasiswa KKN berusaha menciptakan pembelajaran yang asyik dengan metode fun-learning.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Nurhasanah, Iffan Fathurrahman Yusyahadi Risan, Yessa Dwiyulianti Hardinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.