PENDAMPINGAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA ANAK MELALUI KEGITAN MENGAJI DI MADRASAH AS-SYIFA DESA KARANGANYAR

Authors

  • Tasya Salsabilla Uin Sunan Gunung Djati Bandung
  • Erlan
  • Taufik Hidayat UIN Sunan Gunung Djati
  • Najma Assyifa Khairunnisa UIN Sunan Gunung Djati

Keywords:

Pengabdian, Partisipasi, Belajar Mengajar Ngaji

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi  mengijinkan anak-anak belajar mengaji. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai solusi atas keterbatasan tenaga pengajar ngaji di Madrasah As-Syifa, Desa Karanganyar. Program pembinaan dilakukan melaui pendampingan membantu pemberantas buta huruf Al-Qur’an dengan metode Nderes dan metode Muroja’ah. Observasi awal dilakukan wawancara dengan guru ngaji dan beberapa masyarakat yang menyatakan bahwa anak-anak cenderung timbul rasa bosan dan diakhiri dengan menurunnya konsentrasi dan semangat dalam belajar mengaji karena mereka harus mengantri lama pada satu guru ngaji. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga klasika yaitu; Kegiatan pembukaan (Klasikal awal), Kegiatan inti dan kegiatan penutup (Klasikal akhir). Adanya tempat belajar mengaji setiap malam setelah sholat maghrib berjamaah di madrasah As- merupakan sebuah sarana peluang berkumpul dan berkomunikasi  antara satu sama lain, selain menjadi sarana untuk bertemu antara anak-anak yang lain satu dengan yang lainnya, juga merupakan suatu yang sangat penting bagi anak-anak Desa Karang Anyar khususnya kampung Cimalik karena dengan adanya sarana belajar mengajar ini dapat meningkatkan pengetahuan kepada anak terutama dal hal bacaan yang benar dan tepat pada Al-Qur’an melalui metode Nderes dan metode Muroja’ah. Dengan adanya Posko di dekat Madrasah As-Syifa menjadi sebuah alternatif belajar mengajar gaji yang bermanfaat bagi anak-anak uang tadinya menghabiskan hari-harinya dengan bermain dan kesibukan orang tua yang terkadang membuat anak-anak kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya.

References

Ismaulina. (2020). Program Pelatihan Dan Pendampingan Pemberantasan Buta Huruf

Al-Quran Dengan Metode IQRA. Rambideun : Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat, 3(1), 6-10.

https://doi.org/10.51179/pkm.v3i1.166

Mahalli, Sadiyah, K., & Kholili, S. (2021). Pendampingan Pembelajaran Baca Tulis Al

Quran Pada Siswa SD Negeri 2 Kuwasen Jepara. Jurnal Pengabdian Masyarakat

Multidisiplin, 4(3), 147-153. https://doi.org/10.36341/jpm.v4i3.1745

Malik, H. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Alhusna

Pasadena Semarang.

Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 13(2), 387-404.

http://dx.doi.org/10.21580/dms.2013.132.60

Muttaqin, A., & Faishol, R. (2018). Pendampingan Pendidikan Non Formal Diposdaya

Masjid Jami’ AnNur Desa Cluring Banyuwangi. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 1(1),80-90.

Utami, N., & Haluti, F. (2019). Pendampingan Bimbingan Belajar Bacaan Al- Qur’an

Pada Anak-Anak. Monsu'ani Tano: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 9-14.

https://doi.org/10.32529/tano.v2i1.22

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Salsabilla, T., Aditiya, E. ., Taufik Hidayat, & Najma Assyifa Khairunnisa. (2024). PENDAMPINGAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA ANAK MELALUI KEGITAN MENGAJI DI MADRASAH AS-SYIFA DESA KARANGANYAR. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(2), 49–55. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2695