Pengaruh Peringatan Hari Besar Islam Terhadap Santri Dan Santriah Di Pesantren Al- Munawwir
Keywords:
Perayaan Hari Besar islam, Motivasi BelajarAbstract
Proses dan hasil belajar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor ini bisa
berupa bakat atau minat yang dimiliki, motivasi, lingkungan sekitar, tujuan
pembelajaran dan lain sebagainya. Motivasi merupakan salah satu faktor penting
dalam pencapaian belajar. Peringatan Hari Besar Islam merupakan salah satu
pemicu motivasi belajar yang sangat besar pengaruhnya baagi santri dan juga anak
anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
adanya Peringatan Hari Besar Islam Bagi para santri dan anak didik di Yayasan Al
munawwir. Metode penelitian ini menggunakan metode social reflection. Hasil
penelitian ini, bisa dijadikan alternatif model pengembangan pembelajaran. Sebagai
upaya meningkatkan motivasi anak dalam belajar dan menjadi bahan evaluasi
peningkatan kualitas belajar anak.
References
Daulay, H. P. 2004. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di
Indonesia. Jakarta: Prenada Media Group.
Komariah, A. 2008. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi
Aksara.
Mustapa, H., et. all. Civil Society Culture and Authority Systems in the Perspectives on
Waste Management in Tokyo: Sistem Kekuasaan dan Budaya Masyarakat Sipil dalam
Perspektif Pengelolaan Limbah di Tokyo. Politicon. 2(2). 191-209.
Nurdin, M. 2005. Pendidikan Yang Menyebalkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Poerwodarminto, W. J. S. 1997. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.
Sagala, S. 2009. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Sasano, A. 1998. Solusi Islam Atas Problematika Umat. Jakarta: Gema Insani
Press.
Kementerian Sosial Republik Indonesia. (1999). Pedoman Penyelenggaraan
KesejahteraanSosial Anak. Kementerian Sosial.
Muanandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka
Cipta.
Purwanto, M. N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dani Hamdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.